sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 17:24 WIB

Gusur Miroslav Klose, Marta Jadi Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia

Redzi Arya Pratama - detikSport
Marta kini menjadi pemain paling subur sepanjang sejarah Piala Dunia (Robert Cianflone/Getty Images) Marta kini menjadi pemain paling subur sepanjang sejarah Piala Dunia (Robert Cianflone/Getty Images)
Valenciennes - Kapten sekaligus andalan lini depan Timnas Wanita Brasil, Marta, memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia. Dia mematahkan rekor Miroslav Klose.

Saat Brasil mengalahkan Italia 1-0 pada lanjutan fase grup Piala Dunia Wanita 2019 di Stade du Hainaut, Rabu (19/6/2019) dinihari WIB, Marta mencetak gol semata wayang Selecao lewat titik putih di menit ke-74.

Itu menjadi gol ke-17 Marta di ajang Piala Dunia dari total 19 laga yang dimainkan. Ia menjadi pemain dengan gol terbanyak di ajang Piala Dunia wanita maupun pria, mengalahkan rekor yang sebelumya dipegang Klose dengan 16 gol.

Beberapa hari lalu, Marta mencatatkan rekor gemilang lain di laga dengan Australia. Satu gol yang dia buat ketika itu menjadikannya pemain pertama yang bikin gol pada lima edisi Piala Dunia.



Apa yang dicapai striker 33 tahun itu sudah melebihi prestasi yang diraih dua bintang sepakbola pria Brasil, Ronaldo Luiz Nazario dan Pele. Marta unggul dua gol lebih banyak dari kedua pemain tersebut.

Meski punya beberapa rekor Piala Dunua, Marta belum sekalipun memenangi Piala Dunia. Dari lima Piala Dunia yang dijalani, prestasi terbaiknya hanya menjadi runner-up pada 2007.

Kemenangan melawan Italia membuat Brasil berhasil lolos ke babak 16 besar. Namun karena finis hanya di peringkat ketiga, Brasil akan mendapat lawan berat di perdelapanfinal, antara Prancis dan Jerman.

"Kami sebenarnya menargetkan finis di peringkat pertama di grup. Tapi ini Piala Dunia. Sekarang tak peduli siapa yang akan mengandag kami, kami tidak bisa memilih. Kami punya target jelas yakni melaju ke babak selanjutnya. Sekarang adalah tentang bersiap dan mencoba terus melaju," kata Marta dilansir CNN.

(din/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com