sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 04 Sep 2019 16:05 WIB

Rekor Baru, Belanja Klub-Klub 5 Liga Top Eropa Tembus Rp 85 Triliun

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Halaman 1 dari 3
Premier League jadi liga dengan belanja paling besar pada bursa transfer musim panas 2019 (Foto: Jason Cairnduff/Action Images via Reuters) Premier League jadi liga dengan belanja paling besar pada bursa transfer musim panas 2019 (Foto: Jason Cairnduff/Action Images via Reuters)
Jakarta - Total belanja klub-klub di lima liga top Eropa pada musim panas 2019 menembus angka lebih dari 5 miliar euro. Angka tersebut memecahkan rekor tahun lalu.

Bursa transfer musim panas 2019 ditutup pada 2 September. Sejumlah transfer besar terjadi di beberapa liga.

Analis finansial top, Deloitte, merilis laporan yang menyebut pengeluaran klub-klub di lima liga top Eropa mencapai angka 5,5 miliar euro atau sekitar 85,6 triliun rupiah. Angka tersebut naik 900 juta euro dari rekor sebelumnya pada 2018.


Premier League jadi liga dengan pengeluaran paling banyak. Tim-tim di divisi teratas Liga Inggris mengeluarkan 1,55 miliar euro (Rp 24,1 triliun).

Arsenal menjadi klub Premier League dengan belanja paling besar. The Gunners mengeluarkan 155 juta pound sterling (Rp 2,6 triliun) untuk enam pemain.

Sementara itu, Manchester City ada di urutan kedua dengan total belanja 150 juta pound sterling (Rp 2,5 triliun). Sedangkan Manchester United ada di posisi ketiga dengan pengeluaran 145 juta pound sterling (Rp 2,4 triliun), dengan paling banyak dihabiskan untuk mendatangkan Harry Maguire.


Lanjut ke halaman berikutnya (nds/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com