sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 23 Nov 2019 18:24 WIB

Nostalgia Olahraga 90-an

Indonesia Surganya Tayangan Gratis Liga-liga Top Eropa

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Duel Alessandro Del Piero dan Ronaldo mewarnai laga klasik Liga Italia di era90-an (Allsport UK /Allsport) Duel Alessandro Del Piero dan Ronaldo mewarnai laga klasik Liga Italia di era90-an (Allsport UK /Allsport)
Jakarta - Periode 1990-an menjadi surga fans sepakbola Indonesia. Bagaimana tidak, saat itu beberapa liga sepakbola top dunia hadir di layar kaca tanpa membayar sepeser pun!

TVRI sebagai stasiun televisi pertama, (tentu saja) menjadi pionir dalam tayangan langsung sepakbola. TVRI tercatat menayangkan secara rutin kompetisi Liga Inggris yang saat itu berformat Divisi Satu. Setelah itu, di awal 90-an, ketika RCTI mulai muncul sebagai stasiun TV swasta pertama, Liga Inggris pindah tayang ke sana. Betul, meski begitu terkenal dengan Liga Italia-nya, RCTI lebih dulu menayangkan Liga Inggris.

RCTI menayangkan dua kali dalam seminggu yakni setiap hari Sabtu pukul 21.00 WIB dan 22.00 WIB. Pada tahap awalnya, RCTI menyiarkan kompetisi itu sampai tahun 1993 sampai akhirnya hak siar beralih ke SCTV dan ANTV.

Saat itu SCTV mendapatkan jatah siaran Sabtu malam, sementara ANTV menyiarkan pertandingan Minggu malam. Keduanya menayangkan Liga Inggris sampai 1996/97. Setelah itu, SCTV sendirian melanjutkan hak siarnya hingga musim 2000/2001.

Predikat TV Liga Inggris melekat di SCTV mengingat mereka menyiarkannya rutin selama tujuh musim beruntun. TPI (Televisi Pendidikan Indonesia) lantas sempat mengambil hak siar itu mulai tahun 2001/2002, lalu ada TV7 (sekarang Trans7) hingga musim 20067/2007.




Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com