sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 21 Des 2019 12:32 WIB

Preview Liverpool Vs Flamengo: Mencari Juara Dunia Baru

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpool bertekad memenangi trofi Piala Dunia Antarklub pertamanya (Francois Nel/Getty Images)
Doha - Liverpool akan berhadapan dengan Flamengo di final Piala Dunia Antarklub. Mereka akan berebut status juara dunia baru menggantikan Real Madrid.

Madrid selalu jadi juara dunia sejak 2016 hingga tahun lalu. Namun, seiring kegagalan mempertahankan trofi Liga Champions, Madrid pun harus merelakan badge juara dunia di jersey-nya hilang.

Kini Piala Dunia Antarklub tengah mencari juara baru ketika Liverpool bertemu Flamengo di Khalifa International Stadium, Minggu (22/12/2019) dini hari WIB nanti.

Liverpool sebagai juara Eropa tentu diunggulkan mengingat kualitas skuatnya, dari penjaga gawang hingga penyerang, bertabur bintang. Alisson Becker, Virgil van Dijk, Naby Keita, hingga Mohamed Salah adalah jaminan mutu.




Apalagi Liverpool punya hasrat besar untuk menjuarai turnamen ini pertama kalinya, setelah dua kali gagal sebelumnya. Bermodalkan performa apik sepanjang tahun ini, plus status sebagai pemuncak Premier League, Liverpool dalam kepercayaan diri tinggi.

Tapi, jangan dilupakan juga kalau Flamengo punya tim yang sama tangguhnya. Di Amerika Latin, mereka juaranya dan di Brasil pun, tim asal Rio de Janeiro itu tidak terbendung tahun ini.

Nama-nama seperti Diego Alves, Felipe Luis, Rafinha, Everton Ribeiro, dan Gabriel Barbosa, bisa mengejutkan Liverpool yang mungkin tidak diperkuat Virgil van Dijk karena baru pulih dari cedera.

Ditambah fakta kalau Flamengo pernah mengalahkan Liverpool 3-0 di ajang yang sama pada 1981 ketika tim Merseyside itu masih dilatih Bob Paisley.




Liverpool sebagai unggulan tentu akan mengambil inisiatif serangan lebih dulu, sementara Flamengo diprediksi akan lebih banyak menunggu. Tapi, mengingat Flamengo dilatih Jorge Jesus yang gemar memainkan sepakbola aktraktif di Eropa dulu, jual-beli serangan bisa terjadi.

Pada laga semifinal lalu, Liverpool memperlihatkan celah yang bisa dimanfaatkan Flamengo. Rotasi yang dilakukan Juergen Klopp demi menjaga kondisi pemain di tengah padatnya jadwal, membuat Liverpool sedikit kehilangan chemistry di lini serang.

Tapi, demi mengejar trofi pertamanya di ajang ini, Liverpool bisa saja menurunkan langsung trio lini serangnya, Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Kira-kira siapa bakal jadi juara dunia baru, Liverpool atau Flamengo?




Prediksi Line-up

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Henderson, Keita, Chamberlain; Mane, Salah, Firmino

Flamengo: Diego Alves; Rafinha, Caio, Mari, Felipe Luis; Arao, Gerson; Ribeiro, De Arrascaeta, Henrique; Barbosa




Simak Video "Keok dari Atletico, Liverpool Terdepak dari Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com