sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 25 Feb 2020 10:25 WIB

Inggris Larang Anak di Bawah Usia 12 Tahun Menyundul Bola

Afif Farhan - detikSport
PARIS, FRANCE - MAY 10: Youri Djorkaeff plays with children during to the UEL Trophy Tour Driven by Kia on May 10, 2019 in Paris, France. (Photo by Aurelien Meunier/Getty Images for Kia) Ilustrasi (Aurelien Meunier/Getty Images)
London -

The Football Association atau FA sebagai badan sepakbola di Inggris punya aturan baru. Anak-anak di bawah usia 12 tahun dilarang menyundul bola.

Dilansir dari talksport, Fa punya aturan baru yang berlaku di Inggris, Irlandia Utara, dan Skotlandia. Anak-anak yang main di klub sepakbola di bawah usia 12 tahun dilarang menyundul bola.

Sebuah studi dari FIELD menjelaskan, mantan pemain sepakbola tiga setengah kali meninggal dunia lebih cepat dibanding orang biasa akibat penyakit neurodegeneratif yakni penyakit pada otak. Itu dikarenakan seringnya menyundul bola dan berbenturan dalam merebutkan bola-bola atas dalam pertandingan.



Aturan tersebut akan segera diberlakukan tahun ini. Aturannya dinilai bisa mengurangi risiko penyakit tersebut.

"Ini adalah suatu revolusi untuk menjaga para pemain sepakbola dari usia dini tanpa mengurangi kesenangan mereka untuk bermain," ujar Kepala Eksekutif FA, Mark Bullingham.

"Kami punya tanggung jawab untuk melindungi para atlet sepakbola," tambahnya.

IlustrasiIlustrasi (Robert Cianflone/Getty Images)



Ketua eksekutif FA Irlandia, Patrick Nelson menyetujui aturan tersebut. Anak-anak yang bermain di klub sepakbola di bawah usia 12 sejatinya adalah bibit-bibit unggul dan punya masa depan yang masih panjang.

"Ini adalah keputusan yang tepat," tegasnya.




Simak Video "Antusias Warga London Antre di Toko Usai Lockdown Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com