sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Mar 2020 09:30 WIB

Mancini: Piala Eropa Tak Lebih Penting dari Keselamatan Publik

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Britain Football Soccer - UEFA EURO 2020 Launch Event - London City Hall - 21/9/16
The UEFA EURO 2020 logo on display with the European Championship trophy during the launch
Action Images via Reuters / Tony OBrien
Livepic
EDITORIAL USE ONLY. Piala Eropa 2020 diperkirakan akan ditunda setahun. (Foto: Action Images via Reuters / Tony O'Brien)
Jakarta -

Piala Eropa 2020 diperkirakan bakal mengalami penundaan di tengah merebaknya virus corona. Timnas Italia menegaskan keselamatan semua orang mesti diutamakan.

Piala Eropa 2020 sedianya digelar Juni-Juli mendatang. Namun turnamen ini diperkirakan bakal ditunda karena liga-liga Eropa dan kompetisi internasional seperti Liga Champions dan Liga Europa saat ini ditangguhkan.

Penundaan Piala Eropa akan memberikan waktu untuk kompetisi tersebut menyelesaikan agenda yang terhenti. Keputusan akan diambil UEFA dalam pertemuan pada Selasa (17/3/2020) besok.

Timnas Italia berharap UEFA benar-benar memikirkan keselamatan semua orang. Italia, yang merupakan salah satu tuan rumah Piala Eropa kali ini, adalah negara terparah kedua terkait virus corona.

Hampir 25 ribu orang terinfeksi virus yang juga dikenal dengan nama Covid-19 itu, sementara lebih dari 1.800 orang meninggal. Spanyol telah melaporkan setidaknya 7.800 kasus Jerman dan Prancis menyusul dengan lebih dari 5 ribu kasus.

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini meminta UEFA betul-betul mengutamakan keselamatan publik. Apalagi diperkirakan sejumlah negara Eropa akan mengalami lonjakan jumlah kasus seperti di Italia.

"Kami harus menunggu hingga Selasa untuk mengetahui apakah UEFA akan memutuskan menunda Piala Eropa 2020. Masalah yang kami hadapi di Italia dalam 15 hari terakhir sekarang akan terlihat di negara-negara lainnya," ungkapnya kepada Rai Sport, dikutip Football Italia.

"Saya tak tahu bagaimana ini akan berakhir. Tapi ada banyak hal yang lebih penting ketimbang Piala Eropa 2020, tanpa diragukan lagi."

"Kalau mereka menunda turnamen, kami bahkan bisa juara dalam waktu setahun itu. Hal terpentingnya adalah kesehatan semua orang dan bahwa kami semua bisa kembali ke stadion dan bersenang-senang di sana."

"Melihat orang-orang meninggal dalam beberapa hari terakhir ini sangat melukai kami," tambah mantan allenatore Inter Milan dan Manchester City ini.

Italia tampil garang di bawah Mancini. Sepanjang Kualifikasi Piala Eropa 2020, Gli Azzurri menyapu bersih 10 pertandingan untuk meraih angka sempurna: 30 poin.



Simak Video "Ini 4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com