sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Apr 2020 15:22 WIB

Fokus Selesaikan Liga, Thailand Mungkin Tak Ikut Piala AFF

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas Thailand. Piala AFF 2018 Fokus Selesaikan Liga, Thailand Mungkin Tak Ikut Piala AFF (www.affsuzukicup.com)
Jakarta -

Federasi sepakbola Thailand (FAT) mempertimbangkan Timnas Thailand tak ikut Piala AFF 2020. Alasannya, mereka ingin fokus menyelesaikan liga domestik.

Hal itu disampaikan oleh Presiden FAT Somyot Poompanmuang. Fokus mereka saat ini adalah menyiapkan skenario untuk menggelar Liga Thailand lagi.

FAT sudah menangguhkan kompetisi domestik semua level dari Thai League 1 (T1) hingga T4 sejak awal Maret terkait pandemi virus Corona. Sedianya kompetisi bakal start lagi pada 18 April 2020.



Rehat kompetisi kemudian diperpanjang hingga ke tanggal 2 Mei. Namun terkini pemerintah Thailand menerbitkan larangan berkegiatan mulai 26 Maret hingga 30 April.

Kondisi ini membuat kelanjutan kompetisi domestik menjadi menggantung. Tak ada kepastian kapan liga bisa bergulir lagi.

"Ikut Piala AFF adalah kebanggaan untuk negara-negara di ASEAN. Tetapi AFF tidak mewajibkan semua negara untuk ikut. Jadi mungkin kami tak akan ikut untuk edisi 2020," kata Somyot Poompanmuang dikutip dari Vocket.

Terdekat FAT bakal melakukan pertemuan dengan klub serta Menteri Pariwisata dan Olahraga. Pertemuan yang rencananya akan digelar pada 14 April ini akan membahas kelanjutan liga domestik.

Ada berbagai skenario yang mereka siapkan. Totalnya ada empat jadwal baru yang bakal didiskusikan.

Pertama, kompetisi bergulir lagi pada 30 Mei dan berakhir 21 November. Kedua, mulai 2 Juni dan berakhir 13 Desember.

Ketiga, mulai 1 Juli sampai 20 Desember. Dan Terakhir adalah mulai 1 Agustus dan berakhir 20 Desember.

Opsi terakhir ini tentunya bakal berdampak ke Piala Liga yang tak bisa digelar. Opsi itu tetap akan diambil dengan harapan kompetisi bisa selesai tahun ini.

"Semua ini masih pilihan dan akan dipertimbangkan serta dibahas pada pertemuan mendatang. Bisa saja kami memutuskan sendiri, namun rasanya penting untuk mengambil sikap secara bersama-sama," tutur Somyot Poompanmuang.



Melihat opsi yang tersedia, rasa-rasanya memang mustahil bagi Timnas Thailand untuk tetap ikut serta di Piala AFF mendatang. Turnamen dua tahunan ini rencananya akan digelar pada 23 November hingga 31 Desember.



Simak Video "MotoGP Thailand Juga Ditunda Gegara Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com