sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 25 Apr 2020 01:00 WIB

Hore! Liga Korea Akan Digelar 8 Mei, tapi Tanpa Penonton

Yanu Arifin - detikSport
Unification Church members participate in prayers during their mass gathering for the peaceful reunification of the Korean Peninsula at the Seoul World Cup Stadium in Seoul on November 11, 2017. - Some 50,000 participants including religious and political leaders from South Korea, US, Japan and other nations, participated in the rally calling for peace on the Korean Peninsula. (Photo by RYU SEUNG-IL / AFP) K-League direncanakan bakal digelar mulai 8 Mei mendatang, namun masih tanpa penonton. (Foto: RYU SEUNG-IL/AFP Photo)
Seoul -

Situasi Korea Selatan akibat virus corona mulai membaik. Liga Korea, K-League, dilaporkan bakal digelar mulai 8 Mei 2020, tapi belum bisa ditonton di stadion.

K-League harusnya digelar pada 29 Februari. Namun, sejak lima hari sebelumnya, Federasi Sepakbola Korea (KFA) memutuskan menghentikan kompetisi karena pandemi corona mulai merebak.

Korea memang sempat menjadi pusat penyebaran wabah corona, setelah China. Namun, kesigapan pemerintahnya membuat Korea bisa menekan penyebarannya, dengan bisa menahan kasusnya di angka 10 ribu dalam dua bulan.

Pada Jumat (24/4), bahkan cuma ada 6 kasus baru, dan jumlah korban tewasnya tak beranjak dari 240 kematian. Situasi itu membuat KFA mulai berani menggelar pertandingan sepakbola.

Dilansir Reuters, K-League, liga utama Korea, digelar pada 8 Mei. Keputusan itu diambil usai dewan menggelar rapat. Namun, K-League akan masih digelar tanpa penonton. Hal itu karena aturan jaga jarak masih diberlakukan pemerintah.

Selain itu, jika ada pemain atau anggota staf pelatih yang ditemukan kembali terinfeksi virus, timnya tidak akan dibolehkan bertanding minimal dua minggu ke depan. Kabar baiknya lagi, klub akan diizinkan untuk menggelar latih tanding.

Laga perdananya akan mempertemukan juara bertahan Jeonbuk Hyundai Motors melawan Suwon Samsung Bluewings di Jeonju. Total, 12 tim akan memainkan 22 pertandingan di babak reguler, dan 5 di putaran final. Jumlah laganya menurun, dari yang seharunya 38 laga, karena kompetisi sempat terhenti.

Adapun tim terbawah akan degradasi ke K League 2 bersama Sangju Sangmu, yang sudah dipastikan turun kasta karena bakal pindah kota musim depan. Adapun K League 2 juga akan digelar mulai 8 Mei mendatang. Selain sepakbola, kejuaraan bisbol Korea juga akan digelar pada 5 Mei.



Simak Video "Tanpa Penonton, Liga Korea Resmi Bergulir"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com