sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 28 Apr 2020 05:00 WIB

Keputusan Pembatalan Liga Belanda Bisa Dicabut?

Bayu Baskoro - detikSport
DOETINCHEM, NETHERLANDS - MAY 15:  Edwin van der Sar, Chief Executive of Ajax celebrates with the trophy after winning the Eredivisie following the Eredivisie match between De Graafschap and Ajax at Stadion De Vijverberg on May 15, 2019 in Doetinchem, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Keputusan pembatalan Liga Belanda kabarnya bisa dicabut. (Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Amsterdam -

Liga Belanda memutuskan membatalkan kompetisi di musim ini. Meski demikian, keputusan tersebut kabarnya bisa dicabut dengan berbagai syarat. Apa saja itu?

Gelaran Eredivisie resmi dihentikan pada pekan lalu lantaran pandemi virus Corona yang tengah menjangkiti Belanda dan Eropa. Pemerintah Negeri Kincir Angin juga melarang adanya ajang besar sampai 1 September 2020.

Pembatalan kompetisi tersebut membuat Liga Belanda musim ini tanpa gelar juara dan degradasi atau promosi. Klasemen saat ini, yang telah memasuki pekan ke-26, menjadi klasemen akhir untuk menentukan tim yang lolos ke Kualifikasi Liga Champions dan babak grup Liga Europa.

Artinya, Ajax Amsterdam yang tengah memuncaki klasemen tidak dinobatkan sebagai juara. Ajax dan tim peringkat kedua, AZ Alkmaar, akan lolos ke Kualifikasi Liga Champions. Selanjutnya tim urutan ketiga, Feyenoord, lolos ke babak grup Liga Europa, sementara PSV Eindhoven dan Willem II ke Kualifikasi Liga Europa.

Melansir Daily Mail, keputusan pembatalan Liga Belanda mendapat banyak protes dari klub-klub Eredivisie. Tidak sedikit klub yang bahkan ingin membawa permasalahan ini ke ranah hukum, semisal Utrecht dan tim divisi dua Cambuur.

Suara penolakan turut mendapat perhatian politisi Belanda, Mark Boumans. Menurut anggota Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD) tersebut, keputusan penyetopan liga bisa dicabut jika mayoritas klub lebih memilih membatalkan keputusan itu.

"Saya merasa itu bisa dibatalkan. Menurut pandangan saya, jika separuh klub plus satu menginginkan pembatalan keputusan yang menyebabkan kekisruhan pada minggu lalu, maka hal tersebut memungkinkan," kata Boumans, dikutip dari Daily Mail.



Simak Video "Liga Belanda Disetop, Ajax Gagal Juara"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com