sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 28 Apr 2020 09:00 WIB

Klub-klub Belum Sepakati Penghentian Kompetisi, Liga Belgia Jalan Lagi?

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - FEBRUARY 27: Players of Club Brugge pose for a team photo prior to the UEFA Europa League round of 32 second leg match between Manchester United and Club Brugge at Old Trafford on February 27, 2020 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images) Club Brugge bakal menjadi juara Liga Belgia jika keputusan penghentian kompetisi diterima klub-klub. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta -

Liga Belgia sempat mengumumkan akan menghentikan sepenuhnya musim 2019/2020 dengan Club Brugge jadi juara. Tapi keputusan itu belum disepakati oleh klub.

Liga Belgia seperti diketahui mengambil langkah menghentikan kompetisi pada 2 April lalu karena pandemi virus Corona. Keputusan itu diambil oleh dewan direksi Liga Pro Jupiler, yang turut memutuskan pemimpin klasemen saat ini, Club Brugge, jadi juara.

Namun keputusan itu masih perlu disahkan dalam pemungutan suara yang dilakukan oleh 24 klub anggota liga. Setelah sekali tertunda, 24 klub tersebut dijadwalkan melakukan pertemuan via teleconference pada Senin (27/4/2020) namun lagi-lagi ditunda.

Pemungutan suara itu kembali diundur ke tanggal 4 Mei mendatang. Serangkaian penundaan ini memunculkan spekulasi bahwa Liga Belgia kemungkinan tak jadi dihentikan dan bakal dilanjutkan, meski sebelumnya disebutkan 17 tim anggota setuju dengan penghentian kompetisi.

Liga Belgia adalah liga pertama di Eropa yang memutuskan menghentikan musim ini. Tak lama setelah Belgia mengumumkan menghentikan liga, UEFA mengancam tak akan memberikan jatah kompetisi Eropa.

Tapi kemudian Liga Belanda juga menyatakan menghentikan kompetisi mereka. Bedanya, Belanda memutuskan tak ada juara, selain meniadakan promosi/degradasi.

Keputusan ini diambil setelah Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) melakukan pertemuan dengan klub-klub anggota dan mencapai kesepakatan.



Simak Video "Liga Belgia Disetop Gegara Corona, Club Brugge Juaranya"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com