sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 10 Mei 2020 11:30 WIB

Cannavaro: Messi Bukan Pemain Terbaik Sepanjang Masa, tapi Maradona

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Argentinian forward Diego Maradona (L) jubilates after scoring a goal, during the World Cup semi final soccer match between Argentina and Belgium on June 25, 1986 in Mexico City. Argentina advanced to the final with a 2-0 victory. / AFP PHOTO / STAFF Diego Maradona dianggap lebih baik ketimbang Messi (STAFF/AFP)
Guangzhou -

Fabio Cannavaro tak setuju Lionel Messi disebut sebagai pesepakbola terbaik sepanjang masa. Menurut Cannvaro, Diego Maradona lebih berhak atas predikat itu.

Bicara sepakbola modern, Messi bisa dibilang adalah yang terbaik. Bergelimang gelar dan rekor di level klub bersama Barcelona ada bukti sahih kehebatan Messi di lapangan.

Masih kurang? Messi sudah mencetak lebih dari 600 gol selama kariernya dan punya enam trofi Ballon d'Or, terbanyak di antara pemain lain. Kemampuan olah bolanya pun mengundang decak kagum.

Kehebatan Messi ini acapkali dibanding-bandingkan tak cuma dengan Cristiano Ronaldo, tapi juga dengan pesepakbola masa lampau, dalam hal ini Maradona. Kebetulan Messi dan Maradona sama-sama kidal dan berasal dari Argentina.



Tapi, bagi Cannavaro, Maradona adalah yang terbaik. Sebab sepakbola di era Maradona berbeda dari saat ini dan terbilang lebih keras.

"Saya sangat menghormati Messi. Dia adalah salah satu terbaik di generasi saat ini, tapi Maradona itu berbeda karena saat itu sepakbola tidak seperti sekarang," ujar Cannavaro yang kini melatih klub China Guangzhou Evergrande itu.

"Dia banyak ditendang oleh lawan, tapi penguasaan bolanya lengket dan dia sangat tangguh," sambungnya seperti dikutip Sky Sports.

"Messi itu pemain top, tapi Maradona itu berada di dunia berbeda. Saya tidak pernah membandingkannya dengan pemain lain. Saya tidak pernah melihat Pele, tapi saya menonton Maradona, selama tujuh tahun saya melihatnya bermain."

"Dia bukan salah satu yang terbaik, tapi yang terbaik."

Sebagai perbandingan, Messi belum pernah memberikan gelar bergengsi untuk Timnas Argentina, sementara Maradona membawa negaranya juara dunia 1986. Menurut Anda, siapa lebih baik?



Simak Video "Pique Pilih Messi atau Maradona?"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com