sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 18 Jul 2020 07:00 WIB

Nakata, Bentley, dan Schurrle Korban Kejamnya Industri Sepakbola

Putra Rusdi K - detikSport
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 06:  Andre Schurrle of Fulham Wins the Carling Goal of the Month Award for January on February 06, 2019 in London, England. (Photo by Christopher Lee/Getty Images for Premier League) Andre Schurrle baru saja memutuskan pensiun (Foto: Getty Images for Premier League/Christopher Lee)
Jakarta -

Andre Schurrle memutuskan pensiun di usia 29 tahun. Sepakbola membuatnya tak bahagia. Keputusannya ini bak repetisi kisah David Bentley dan Hidetoshi Nakata.

Schurrle mengejutkan banyak pihak dengan mengumumkan pensiun lewat akun Instagram-nya. Ia memutuskan pensiun sepekan setelah sepakat memutuskan kontraknya dengan Borussia Dortmund yang masih tersisa satu tahun lagi.

Dengan CV yang mentereng yaitu pemenang Piala Dunia 2014 dan pernah bermain di Chelsea, Schurrle seharusnya tak kesulitan mencari klub baru. Namun, ia memilih gantung sepatu di usia yang matang yaitu 29 tahun.

Schurrle memutuskan pensiun karena sudah tak punya hasrat di sepakbola. Ia mengaku kerap kali merasa kesepian terutama saat kariernya tengah meredup.

"Industri sepakbola tidak mengizinkan untuk menunjukkan perasaanku yang sebenarnya," ujar Schurrle dikutip dari Spiegel.

"Anda selalu harus menjalankan peran untuk bertahan dalam bisnis ini. Jika tidak, Anda akan kehilangan pekerjaan dan Anda tidak akan mendapatkan penggantinya," jelasnya.

Perputaran uang yang begitu besar di sepakbola menghadirkan tekanan yang tidak semua pemain bisa menghadapinya. Schurrle menjadi korban terbaru dari kerasnya industri sepakbola.

Apa yang dialami pemuda kelahiran Ludwigshafen ini bak repetisi dari kisah Bentley dan Nakata yang terjadi sebelumnya. Kedua pemain ini juga harus kehilangan cinta di sepakbola sebelum memutuskan pensiun di usia 29 tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com