sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 20 Jul 2020 20:25 WIB

Tak Ada Ballon d'Or Tahun Ini

Lucas Aditya - detikSport
BARCELONA, SPAIN - JANUARY 17:  Lionel Messi of FC Barcelona holds up the FIFA Ballon dOr trophy prior to the La Liga match between FC Barcelona and Athletic Club de Bilbao  at Camp Nou on January 17, 2016 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images) Ballon d'Or 2020 batal digelar. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Penganugerahan Ballon d'Or tak digelar tahun ini. Pandemi virus Corona menjadi penyebab tak ada penyerahan bola emas ke pesepakbola terbaik musim ini.

Sepakbola salah satu sektor yang paling terdampak pandemi virus Corona. Liga-liga di Eropa banyak yang rehat sampai bulan Juni, ada juga yang musim 2019/2020 disetop permanen. Liga Prancis salah satunya.

Dengan pertimbangan bahwa tahun ini merupakan musim luar biasa, France Football Magazine memutuskan untuk tak memberi penghargaan bola emas.

"Ini tahun yang aneh sehingga kami tak bisa memperlakukannya seperti biasa. Katakanlah bahwa kita mulai membahas (untuk mengambil keputusan) sejak dua bulan lalu," kaya editor France Football, Pascal Ferre, seperti dilansir oleh AP.

"Itu bukan keputusan yang kami ambil dengan gampang, tapi kami harus menerima bahwa tahun ini tak bisa mengadakan Ballon d'Or secara normal seperti yang dikenal publik, sebab kami khawatir nantinya kami tak bisa memberi penghargaan dengan adil," kata dia menambahkan.

Ballon d'Or merupakan penghargaan tahunan untuk pemain yang menonjol dalam satu tahun kalender. Pemberian bola emas pertama dilakukan oleh France Football pada 1956, Stanley Matthews yang menjadi pemenangnya.

Saat ini, Lionel Messi masih menjadi peraih Ballon d'Or terbanyak dengan catatan menerima enam bola emas. Cristiano Ronaldo ada di posisi berikutnya dengan kumpulan lima Ballon d'Or. Kedua pemain itu pernah melakukan duopoli Ballon d'Or selama satu dekade sebelum dipatahkan Luka Modric pada 2018.



Simak Video "Ballon d'Or 2020 Resmi Ditiadakan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com