sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 21 Jul 2020 06:46 WIB

Ballon d'Or 2020 Ditiadakan, Pemain Mana yang Rugi?

Randy Prasatya - detikSport
Lionel Messi kembali meraih penghargaan bergengsi Ballon dOr 2019. Bola Emas keenam didapat Messi setelah mengalahkan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo. Penghargaan Ballon d'Or ditiadakan tahun ini. (Foto: AP Photo/Francois Mori)
Jakarta -

Penganugerahan Ballon d'Or tak digelar tahun ini karena pandemi virus Corona. Siapa saja pemain yang bisa dikategorikan kehilangan kesempatan di tahun 2020 ini?

Ballon d'Or merupakan penghargaan tahunan untuk pemain yang menonjol dalam satu tahun kalender. Lionel Messi menjadi pemain yang paling banyak memenangi Ballon d'Or, yakni enam kali. Cristiano Ronaldo mengikutinya dengan lima kali.

France Football Magazine memutuskan untuk tak memberi penghargaan bola emas. Artinya, ada beberapa pemain selain Messi dan Ronaldo menurut Marca, yang bisa mengalami kerugian untuk kesempatan memenangi Ballon d'Or.

Robert Lewandowski

Mungkin pemain yang paling terpengaruh oleh keputusan France Football Magazine adalah Lewandowski yang telah sensasional tahun ini. Dia memenangi Bundesliga bersama Bayern Munich dan mengambil Sepatu Emas dengan 34 gol. Ada pula gelar DFB Pokal yang diraih. Striker asal Polandia ini juga dapat membantu klub Bavaria tersebut untuk memenangi Liga Champions 2019/2020.

Kevin De Bruyne

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, sudah bergantung pada De Bruyne untuk kreativitas tim. Penampilan winger asal Belgia ini telah luar biasa dengan sejauh ini membuat 18 assist di Liga Inggris, hanya kurang dua dari rekor Thierry Henry. Dia berada di jalur untuk memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris dan bisa menjadi pesaing untuk Ballon d'Or.

Sergio Ramos

Ramos menjadi salah satu aktor yang menonjol dalam kesuksesan Real Madrid memenangi gelar LaLiga. Kapten Los Blancos itu berhasil melesakkan 11 gol dan menjadikannya bek tersubur sepanjang kompetisi liga di abad ke-21.

Lionel Messi

Messi belum mampu membawa Barcelona juara sejauh musim ini bergulir. Namun, La Pulga keluar sebagai top skor LaLiga 2019/2020 dengan torehan 22 gol dan pencetak assist terbanyak.

Tujuh trofi Pichichi sudah dia raih sejauh ini, Lionel Messi sekarang bertengger sendirian di posisi teratas daftar peraih gelar top skor Liga Spanyol paling banyak. Messi mengalahkan TelmoZarra.

Cristiano Ronaldo

Ronaldo juga bisa dikatakan kerugian jika penghargaan Ballon d'Or ditiadakan. Pemain 35 tahun itu sedang menjalani musim terbaiknya bersama Juve dengan koleksi 30 gol sejauh ini. Ronaldo bisa saja mengakhiri musim dengan gelar top skor, jika mampu meninggalkan Ciro Immobile, yang juga punya catatan gol serupa.



Simak Video "Bukan Ronaldo-Messi, Mbappe Jadi Pemain Paling Berharga"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com