sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 04 Agu 2020 16:42 WIB

Statistik Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi di Liga 2019/2020

Kris Fathoni W - detikSport
Nominees for the Best FIFA football player, Barcelona and Argentina forward Lionel Messi (R) and Real Madrid and Portugal forward Cristiano Ronaldo (L) chat before taking their seats for The Best FIFA Football Awards ceremony, on October 23, 2017 in London. (Photo by Ben STANSALL / AFP) Statistik Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi di Liga 2019/2020. (Foto: Ben Stansall/AFP Photo)
Jakarta -

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah dua pesepakbola terbaik dunia saat ini, komparasi keduanya pun sulit terhindarkan. Lantas bagaimana statistik mereka di liga pada musim 2019/2020?

Musim ini Ronaldo berhasil meraih Scudetto keduanya secara beruntun bersama Juventus, walaupun ia juga gagal melengkapinya dengan Sepatu Emas Eropa karena kalah dari Ciro Immobile yang juga mengunggulinya di daftar top skor Serie A Liga Italia.

Di sisi lain Messi berhasil menyabet gelar top skor dan top assist di LaLiga Spanyol musim 2019/2020, tapi gagal membantu Barcelona untuk merengkuh gelar juara karena kalah dari Barcelona.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kini sama-sama berkonsentrasi pada usaha timnya terus melaju di Liga Champions. Tapi karena musim kompetisi liga domestik sudah usai, berikut perbandingan keduanya seperti dirangkum dari Whoscored dan GiveMeSport.

Gol: Ronaldo 31-25 Messi

Lionel Messi memang jadi top skor Liga Spanyol, tapi jumlah golnya di LaLiga musim ini masih kalah dibandingkan dengan koleksi gol Cristiano Ronaldo di Serie A.

Dengan jumlah gol tersebut, Messi harus rela menempati posisi kelima daftar Sepatu Emas Eropa musim ini. Di bawah Timo Werner, Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, dan Immobile.

Assist: Messi 21-5 Ronaldo

Tak cuma jago bikin gol, Messi juga piawai membuat assist. Dengan 25 gol dan 21 assist, Lionel Messi menjadi pemain kedua setelah legenda Arsenal Thierry Henry yang bisa bikin masing-masing 20+ gol dan assist di salah satu dari lima liga top Eropa semusim.

Trofi: Ronaldo 1-0 Messi

Seperti disebutkan di atas, Lionel Messi tidak kuasa membantu Barcelona juara LaLiga karena kalah bersaing dari Real Madrid. Sedangkan Ronaldo sukses merebut Scudetto di Serie A.

Man of the Match: Messi 22-10 Ronaldo

Dalam hal menjadi pemain di atas lapangan pada hari pertandingan di liga musim ini, Messi berhasil mengungguli Ronaldo secara telak dengan jumlah penghargaan Man of the Match lebih dari dua kali lipat.

Ronaldo Vs MessiStatistik Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi di liga musim 2019/2020. Foto: dok. whoscored

Rata-rata rating pertandingan: Messi 8.71-7.82 Ronaldo

Rating itu dikompilasi oleh Whoscored yang melakukan kalkukasi dari 20 set data pada sejumlah aspek. Secara umum pada level individu, Messi mengungguli Ronaldo.

Rasio menit per gol: Ronaldo 94-115 Messi

Cristiano Ronaldo membuktikan dirinya benar-benar mesin gol dengan rata-rata satu gol per 94 menit, atau dengan kata lain nyaris satu gol di setiap pertandingan. Lionel Messi butuh rata-rata 115 menit untuk mencetak satu gol.



Simak Video "2 Penalti Ronaldo Selamatkan Muka Si Nyonya Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com