sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 31 Agu 2020 23:35 WIB

Loew: Neuer Lebih Layak Raih Ballon d'Or Ketimbang Lewandowski

Mohammad Resha Pratama - detikSport
MUNICH, GERMANY - AUGUST 24: Robert Lewandowski (L) and Manuel Neuer of FC Bayern Muenchen disembark the airplane with the trophy as UEFA Champions League winners FC Bayern Munich arrive at Airport Munich on August 24, 2020 in Munich, Germany. (Photo by Philipp Guelland - Pool/Getty Images) Manuel Neuer dianggap lebih pantas menangi Ballon d'Or ketimbang Lewandowski (Getty Images/Pool)
Berlin -

Robert Lewandowski dianggap pantas memenangi trofi Ballon d'Or musim ini karena performa hebatnya. Tapi bagi Joachim Loew, Manuel Neuer harusnya jadi pemenang.

Ballon d'Or 2020 dipastikan tidak ada karena adanya pandemi virus corona, sehingga membuat kompetisi molor selesainya. Tiadanya ajang pemilihan pemain terbaik dunia itu jelas mengecewakan beberapa pihak, terutama Lewandowski.

Pemain asal Polandia itu tampil luar biasa dengan membawa Bayern Munich meraih treble winners dan bahkan jadi top scorer di tiga ajang yang diikutinya. Total 55 gol dibuat dari 52 penampilan di seluruh kompetisi, mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Padahal jika Ballon d'Or dan pemain terbaik FIFA jadi digelar tahun ini, maka Lewandowski sudah pasti akan jadi pemenangnya. Tidak akan ada yang bisa membantah itu, kecuali mungkin pelatih Timnas Jerman Joachim Loew.

Buat Loew, Neuer adalah pemain terbaik di Eropa musim ini. Sebab, dia mampu bangkit dari keterpurukan usai Piala Dunia 2018 dan kembali membawa Bayern meraih treble winners. Meski kebobolan 49 gol dari 51 laga, Neuer mampu mencatatkan 22 clean sheet.

"Manu tampil hebat sepanjang musim 2019/2020. Manu benar-benar luar biasa. Gila dia, menakjubkan," ujar Loew kepada Kicker.

"Saya tidak punya dendam apapun kepada Robert Lewandowski - dia benar-benar mesin gol - tapi buat saya, pesepakbola terbaik tahun ini adalah Manuel Neuer," sambungnya.

"Performanya selama tampil di Lisbon.. Dia benar-benar jadi tembok tebal."

"Dia berperan besar dalam menjuarai Liga Champions. Manuel sempat mengalami situasi sulit saat menghadapi Lyon dan Paris, jika bukan dia, maka bisa saja skornya 0-1 atau 1-1."

"Anda bisa merasakan kehadirannya di lapangan," tutup Joachim Loew soal Manuel Neuer.

(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com