sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 02 Sep 2020 02:35 WIB

Kans Van Gaal Latih Timnas Belanda Lagi Usai Koeman ke Barca

Adhi Prasetya - detikSport
LONDON, ENGLAND - MAY 21:  Louis van Gaal Manager of Manchester United applauds the fans after winning The Emirates FA Cup Final match between Manchester United and Crystal Palace at Wembley Stadium on May 21, 2016 in London, England. Man Utd won 2-1 after extra time.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images) Van Gaal digosipkan akan kembali melatih Timnas Belanda. Foto: Getty Images/Mike Hewitt
Jakarta -

Kursi pelatih Timnas Belanda lowong usai Ronald Koeman hijrah ke Barcelona. Kabarnya, Louis Van Gaal siap mengisi posisi tersebut jika memang diminta.

Sepeninggal Koeman, untuk sementara jabatan pelatih akan diisi oleh Dwight Lodeweges, yang sebelumnya merupakan asisten Koeman. Ia akan memimpin Virgil Van Dijk dkk di dua laga UEFA Nations League, yakni melawan Polandia pada 4 September dan Italia tiga hari kemudian.

Meski begitu, Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) diminta bergerak cepat mencari penggantinya, mengingat Piala Eropa akan digelar kurang dari setahun lagi. Di antara perbincangan mengenai siapa suksesor Koeman, nama Van Gaal tiba-tiba muncul lagi.

Diberitakan nos.nl, jurnalis olahraga Belanda, Arno Vermeulen, mengaku telah menanyai Louis Van Gaal apakah ia masih mau turun gunung untuk melatih Belanda sekali lagi. Van Gaal mengatakan akan mempertimbangkannya jika memang dihubungi.

"Dia (Van Gaal) bilang, 'jika mereka (KNVB) mendekati saya, saya akan memikirkan tawaran tersebut'. Sebetulnya dia terbuka dengan tawaran dan saat ini dia salah satu kandidat pelatih Timnas Belanda," kata Vermeulen.

Van Dijk selaku kapten Belanda juga ditanyai soal peluang Van Gaal kembali melatih tim Oranje. Ia menyebut pria 69 tahun tersebut bukanlah nama yang diusungnya, tapi bek Liverpool itu menyerahkan keputusan kepada KNVB.

"Saya tak pernah dilatih olehnya, jadi saya tak bisa bicara banyak. Saya secara pribadi juga tak mengajukan namanya," ujar Van Dijk, dikutip ESPN.

"Tapi sumbangsihnya untuk sepakbola Belanda sudah banyak, jadi wajar bila media mengangkat namanya. Saya yakin federasi akan membuat pilihan tepat," sambungnya.

Van Gaal sudah pernah melatih Belanda sebanyak dua kali. Di periode pertama (2000-2002), ia gagal total karena Belanda tak lolos Piala Dunia 2002. Tapi di periode kedua (2012-2014), ia berhasil membawa Arjen Robben dkk meraih medali perunggu Piala Dunia 2014.

Pekerjaan terakhir Louis Van Gaal sebagai pelatih adalah saat ditunjuk menangani Manchester United. Usai meninggalkan Old Trafford pada 2016, ia tak lagi aktif dan memutuskan pensiun tahun lalu.

(adp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com