sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 07 Sep 2020 01:00 WIB

Belanda Vs Italia: Tak Ada Duel Catenaccio dengan Total Football

Putra Rusdi K - detikSport
TURIN, ITALY - JUNE 04:  Simone Verdi of Italy competes for the ball with Daley Blind and Hans Hateboer of Netherlands during the International Friendly match between Italy and Netherlands at Allianz Stadium on June 4, 2018 in Turin, Italy.  (Photo by Valerio Pennicino/Getty Images) Pelatih interim Belanda, Dwight Lodeweges menilai gaya main Italia saat ini sangat berubah dari yang dulu. (Foto: Valerio Pennicino/Getty Images)
Amsterdam -

Pelatih interim Belanda, Dwight Lodeweges menilai Italia telah menanggalkan gaya main mereka yang lama. Permainan Gli Azzurri kini mirip dengan De Oranje.

Duel dua negara dengan tradisi kuat di sepakbola akan terjadi di Grup 1 Liga A UEFA Nations League 2020/2021. Belanda bakal menjamu Italia di Johan Cruyff Arena, Selasa (8/9/2020) dini hari WIB.

Pertarungan kedua negara di masa lalu menghadirkan laga menarik. Mengingat, Belanda dan Italia sebelumnya lekat dengan gaya main yang begitu bertolak belakang.

De Oranje lekat pemainan menyerang nan atraktif ala Total Football. Sementara, Italia dikenal dengan filosofi sepakbola bertahan yang termasyhur dengan taktik Catenaccio.

Dalam dua dekade terakhir, Belanda dan Italia tercatat dua kali bertemu di turnamen besar yaitu Piala Eropa 2000 dan 2008. Di Piala Eropa 2000, Belanda yang bertindak sebagai tuan di rumah ajang tersebut bersama Belgia harus takluk dari Italia di semifinal.

Gli Azzuri menang 3-1 lewat adu penalti setelah laga imbang 0-0 di selama 120 menit. Belanda membalas kekalahan tersebut delapan tahun kemudian dengan menang 3-0 di babak grup.

Lodeweges paham betul kualitas Italia sebagai salah satu negara kuat di sepakbola. Namun, pria yang menggantikan posisi Ronald Koeman ini menilai La Nazionale sekarang sangat jauh berbeda dengan yang dulu.

Mereka telah menanggalkan Catenaccio dan menggantinya dengan gaya main menyerang yang mirip dengan Belanda. Ia yakin laga kedua negara besok malam akan berlangsung menarik.

"Kami berbicara mengenai tim papan atas yang benar-benar mengubah gaya sepakbolanya dibandingkan beberapa tahun lalu," kata Lodeweges dikutip dari Football Italia.

"Kedua tim sangat mirip, karena selalu berupaya mengambil inisiatif serangan dan mengontrol permainan. Kami nantinya akan melihat pertandingan yang sangat menarik," jelasnya.

Belanda saat ini berada di puncak grup 1 usai mengumpulkan tiga poin dari mengalahkan Polandia 1-0 di pertandingan pertama. Sementara, Italia baru meraih satu angka karena ditahan imbang 1-1 oleh Bosnia-Herzegovina.



Simak Video "Prancis Vs Portugal Imbang, Ini Statistiknya"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com