sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 07 Sep 2020 08:30 WIB

Southgate: Raheem Sterling Sudah Naik Level

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
REYKJAVIK, ICELAND - SEPTEMBER 05: Raheem Sterling of England celebrates scoring his sides first goal from the penalty spot during the UEFA Nations League group stage match between Iceland and England at Laugardalsvollur National Stadium on September 05, 2020 in Reykjavik, Iceland. (Photo by Haflidi Breidfjord/Getty Images) Raheem Sterling dinilai sudah naik level dan punya pengaruh besar di timnas Inggris. (Foto: Getty Images/Haflidi Breidfjord)
Jakarta -

Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate menilai Raheem Sterling sudah menaikkan level permainannya lebih jauh. Mentalnya kini diakui sangat kuat.

Sterling membawa Inggris menang tipis atas Islandia dalam laga UEFA Nations League, Sabtu (5/9/2020) lalu. Eksekusi penaltinya di menit ke-90 memastikan tim 'Tiga Singa' menang 1-0 pada laga pertama setelah 10 bulan.

Dengan pertandingan internasional ini digelar di tengah libur musim panas, plus kompetisi klub yang molor hingga Agustus, ada tantangan secara mental dan fisik yang besar buat pemain. Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate melihat Raheem Sterling sudah memberikan contoh yang bagus sejauh ini.

Ia kembali ke skuad dengan fokus dan ambisi besar. Padahal pemain Manchester City itu sempat ditepikan dari tim jelang melawan Montenegro pada tahun lalu, menyusul pertengkaran dengan Joe Gomez.

Tapi kontribusi Sterling untuk Inggris memang tak main-main. Ia sudah mencetak 10 gol, hanya kalah tiga gol dari Harry Kane, dalam 49 gol yang dibuat Inggris di 16 pertandingan terakhir.

"Rasa laparnya akan gol, rasa laparnya untuk menang, rasa lapar untuk mendorong dirinya. Anda benar-benar tak bisa meremehkan itu. Itu punya dampak besar ke semua orang di sekitarnya dan sungguh telah membawa permainannya ke level lain," kata Southgate dikutip Sky Sports.

"Pujian saya tak bisa cukup tinggi untuknya. Akan sangat mudah buatnya untuk menjalani beberapa hari lain di pantai, tidak melapor untuk gabung tim, mempersiapkan dirinya untuk klub di awal musim."

"Mentalitasnya sepanjang pekan ini sudah luar biasa. Begitu ingin berada di sini, begitu ingin bermain, begitu ingin bertahan di lapangan. Saya rasa dia melanjutkan perjuangan ketika kami bermain dengan 10 orang."

"Dia mengambil tanggung jawab atas penalti, dan saya rasa itu adalah karakter yang luar biasa. Hasratnya untuk menang dan sukses itu luar biasa," sambungnya.

Baru 25 tahun, Sterling sejauh ini sudah mencatatkan 57 caps. Sebagai perbandingan, Southgate pensiun dengan jumlah penampilan yang sama sebagai pemain timnas Inggris.



Simak Video "Manchester City Pesta Gol di Kandang Brighton"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com