sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 13 Okt 2020 11:45 WIB

Robinho Dulu Digaji Rp 3 Miliar, Kini Cukup Rp 3 Jutaan

Afif Farhan - detikSport
Jakarta -

Robinho dulu merupakan bocah ajaib dari Brasil. Di puncak kejayaan ia digaji selangit. Tapi kini mantan wonderkid itu rela digaji dengan angka super-irit.

Robinho mencuri perhatian dengan kembali membela klub masa kecilnya, Santos. Dia dikontrak sampai lima bulan mendatang.

Buat Robinho, ini menjadi periode keempat berbeda ia membela Santos. Selain di awal kariernya, ia juga pernah menjalani dua masa peminjaman ke klub tersebut semasa di Manchester City dan AC Milan.

Menariknya, Robinho membela Santos dengan niat untuk menolongnya. Santos kini dalam finansial yang sulit, karena banyak hutang sehingga bisa bangkrut. Maka Robinho, bersedia membantu di lapangan untuk meraih prestasi walau gajinya dibayar murah sekali.

Seperti dilansir ESPNFC, pesepakbola 36 tahun itu akan mendapatkan 271 dolar AS, atau sekitar 1.500 reais (sekitar Rp 3,9 juta), per bulannya. Angka itu sedikit di atas upah minimum Brasil sebesar 1.039 reais (257,56 dolar AS).

"Santos FC kini sedang melewati masa-masa finansial yang sulit. Jadi inilah waktunya untuk melakukan sesuatu buat yang mampu. Aku pun ingin membantu klub ini, yang sudah memberiku segalanya. Santos FC sudah banyak berjasa buatku dan kepindahan ini pun masih terbilang kontribusi yang kecil dari diriku," tutur Robinho.

BELO HORIZONTE, BRAZIL - OCTOBER 22: Robinho #7 of Atletico MG celebrates a scored goal against Cruzeiro during a match between Cruzeiro and Atletico MG as part of Brasileirao Series A 2017 at Mineirao stadium on October 22, 2017 in Belo Horizonte, Brazil. (Photo by Pedro Vilela/Getty Images)Robinho kala memperkuat Santos (Getty Images)

Dilannsir detikSport dari berbagai sumber, dulu kala masa jayanya, Robinho digaji jauh lebih besar dari sekarang. Saat pertama kali bertualang di Eropa bersama Real Madrid di tahun 2005, dia mendapat bayaran sebesar 2,1 juta euro per tahun atau setara Rp 36 miliar!

Kemudian, dirinya diboyong oleh Manchester City di tahun 2008. Kala itu adalah awal mula 'revolusi' Manchester City setelah dibeli oleh pengusaha asal Abu Dhabi, Sheikh Mansour.

Robinho dibeli City seharga 32,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 446 miliar. Tentu, dia kecipratan duit yang sangat besar plus gajinya tak main-main. Selama sepekan di City, Robinho terima duit 160 ribu paun atau setara Rp 3 M!

BELO HORIZONTE, BRAZIL - OCTOBER 22: Robinho #7 of Atletico MG celebrates a scored goal against Cruzeiro during a match between Cruzeiro and Atletico MG as part of Brasileirao Series A 2017 at Mineirao stadium on October 22, 2017 in Belo Horizonte, Brazil. (Photo by Pedro Vilela/Getty Images)Robinho saat berseragam Manchester City (Getty Images)

Robinho pun kerap bertualang alias pindah-pindah klub. Dia pernah memperkuat AC Milan, klub China Guangzhou Evergrande Taobao, klub Brasil Clube Atletico Mineiro, dan dua klub Turki yakni Istanbul Basaksehir FK dan Sivasspor.

Kini di usia yang sudah bertambah, Robinho kembali memperkuat Santos. Dia mengaku masih punya fisik dan mental yang kuat, sekaligus niatan baik untuk membantu klubnya walau dibayar sangat murah.

(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com