sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 14 Okt 2020 08:00 WIB

Dominasi Sia-sia La Furia Roja

Putra Rusdi K - detikSport
Footballers in action during the UEFA Nations League football match between Ukraine and Spain at the Olympiyskiy stadium in Kiev on October 13, 2020. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP) Spanyol kalah 0-1 dari Ukraina padahal tampil begitu dominan sepanjang 90 menit (Foto: AFP/SERGEI SUPINSKY)
Kiev -

Spanyol tampil dominan kala bersua Ukraina dengan ball possesion 70 persen dan melepas 17 tembakan. Namun, dominasi itu sia-sia karena mereka kalah 0-1.

Spanyol takluk 0-1 atas Ukraina di NSC Olimpiyskiy, Kiev, Spada laga Liga A Grup 4 UEFA Nations League, Kamis (14/10/2020) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan tuan rumah diciptakan oleh Viktor Tsingankov.

Kekalahan ini patut begitu disesali oleh Spanyol karena mereka sebenarnya tampil begitu dominan sepanjang 90 menit. Dikutip dari LiveScore, La Furia Roja mencatatkan penguasaan bola sebesar 70 persen dibandingkan Ukraina yang hanya 20 persen.

Mereka juga lebih unggul dalam hal menebar ancaman ketimbang pasukan Andriy Shevchenko. Spanyol total membuat 17 upaya tembakan dengan delapan on target.

Segala dominasi Spanyol tersebut seakan sia-sia karena mereka gagal mencetak gol. Sebaliknya, Ukraina bermain efektif dengan mampu mengoptimalkan dua peluang yang mereka miliki menjadi satu gol.

Meski begitu, pelatih Spanyol Luis Enrique tak risau timnya membuang banyak peluang di laga ini. Ia lebih memilih mengapresiasi anak asuhannya yang mampu menerapkan taktiknya dengan baik usai mendominasi laga.

Enrique memang sosok pelatih yang terkenal mengedepankan penguasaan bola sejak dirinya masih menangani Barcelona. Pelatih 50 tahun ini juga memuji Ukraina yang mampu merepotkan tim besutannya.

"Bukan masalah besar jika dalam satu atau dua pertandingan kami tidak mencetak gol. Hari ini kami membuat cukup banyak peluang untuk mendapatkan gol," ujar Enrique dikutip dari situs resmi UEFA.

"Ditambah kami juga mendominasi sepanjang 90 menit. Meski lawan yang kami hadapi berusaha untuk mempersempit ruang dan menutup garis umpan kami."

"Saya telah kehilangan banyak pertandingan seperti ini dalam karir saya. Ini adalah jenis permainan yang bisa membuat Anda dikalahkan."

Kesimpulan saya adalah bahwa saya menyukai sikap para pemain saya - saya menyukai sebagian besar dari apa yang saya lihat," jelasnya memuji permainan Spanyol.



Simak Video "Sedihnya Spanyol: Kuasai Bola 70%, 17 Tembakan, Tapi Kalah"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com