sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Okt 2020 13:10 WIB

Mantan Wonderkid Freddy Adu Akhirnya Punya Klub Lagi Usai 2 Tahun

Kris Fathoni W - detikSport
JOHANNESBURG, SOUTH AFRICA - JUNE 26:  Freddy Adu #19 of USA during training at Rand Stadium on June 26, 2009 in Johannesburg, South Africa. USA will play against Brazil on Sunday in the championship match of the 2009 FIFA Confederations Cup.  (Photo by Kevork Djansezian/Getty Images) Mantan Wonderkid Freddy Adu Akhirnya Klub Lagi Usai 2 Tahun. (Foto: Getty Images/Kevork Djansezian)
Jakarta -

Masih ingat dengan nama Freddy Adu yang dulu pernah jadi wonderkid? Setelah dua tahun lamanya, akhirnya kini ia kembali bergabung dengan sebuah klub profesional.

Dirangkum dari sejumlah sumber, Freddy Adu baru saja bergabung dengan klub divisi ketiga Swedia Osterlen FF. Klub itu baru saja memastikan promosi dari divisi keempat.

ESPN FC menyebut, pesepakbola 31 tahun itu kali terakhir bermain untuk Las Vegas Lights di USL pada 2018. Artinya, Freddy Adu sudah tak memiliki klub profesional selama dua tahun.

"Sangat merindukan olahraga ini dan gembira bisa punya kesempatan untuk main lagi. Selangkah demi selangkah," tulis Adu di akun medsosnya.

"Di masa lalu aku banyak melewati tahapan tapi kini aku punya kesempatan untuk melakukannya dengan benar. Aku tidak pernah seantusias dan sesiap ini," sebutnya.

Ada masanya Freddy Adu digadang-gadang sebagai salah satu calon pesepakbola kelas dunia atau wonderkid setelah menjulang di usia awal belasan tahun. Sosok yang pindah dari Ghana bersama ibunya pada usia delapan tahun itu mulai mencuri perhatian saat 14 tahun bersama tim junior DC United pada tahun 2004, yang kemudian juga menjadi tempat awalnya merintis karier profesional.

Talenta yang dimiliki turut membuat Freddy Adu saat itu menjadi pemain termuda yang menandatangani kontrak profesional untuk sebuah klub Major League Soccer (MLS).

Joe.co.uk mencatat, Adu membuat 11 gol dalam 87 penampilan bersama DC United. Ia kemudian pindah ke Salt Lake pada 2007 dan kemudian dapat kesempatan tampil di Eropa bersama raksasa Portugal Benfica di tahun yang sama.

Sempat diberi predikat 'The Next Pele', karier Adu nyatanya tak pernah kunjung meroket. Ia sudah pernah berkiprah di AS, Portugal, Prancis, Yunani, Turki, Brasil, Serbia, dan Finlandia. Ia juga punya 17 caps bersama timnas AS.

SportsIlustrated menyebut bahwa Freddy Adu juga sempat pulang kampung ke Maryland dan menjadi pelatih untuk tim level junior sebelum kini akhirnya mencoba peruntungannya lagi sebagai pesepakbola bersama Osterlen FF.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com