Gol Lionel Messi Dianulir, Pelatih Timnas Argentina Kritik VAR

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 13 Nov 2020 14:11 WIB
BUENOS AIRES, ARGENTINA - NOVEMBER 12: Lionel Messi of Argentina looks dejected after a match between Argentina and Paraguay as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Estadio Alberto J. Armando on November 12, 2020 in Buenos Aires, Argentina. (Photo by Juan I. Roncoroni-Pool/Getty Images)
Gol Lionel Messi ke gawang Paraguay dianulir lewat VAR. (Foto: Getty Images/Pool)
Buenos Aires -

Gol Argentina ke gawang Paraguay yang dicetak Lionel Messi dianulir lewat tinjauan VAR. Lionel Scaloni pun memberikan kritik terhadap VAR.

Messi tampil penuh saat Argentina menjamu Paraguay di Stadion La Bombanera dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (13/11/2020) pagi WIB. Gol-gol yang tercipta di pertandingan ini seluruhnya terlahir di babak pertama.

Argentina tertinggal lebih dahulu setelah Paraguay membuka keunggulan melalui eksekusi penalti Angel Romero di menit ke-22. Albiceleste baru jelang turun minum lewat sundulan Nicolas Gonzalez.

Argentina sebetulnya sempat mencetak gol kedua saat babak kedua berjalan 12 menit. Adalah Lionel Messi yang merobek gawang Paraguay usai memanfaatkan umpan tarik Giovani Lo Celso.

Gol tersebut dianulir oleh wasit Raphael Claus dari Brasil setelah ditinjau melalui VAR. Pada proses gol, Nicolas Gonzalez lebih dulu melanggar Angel Romero di sisi lapangan wilayah Argentina. Hal itu yang membuat gol Messi dianulir.

Lionel Scaloni ditanya terkait dianulirnya gol Messi tersebut. Pelatih Timnas Argentina itu menilai bahwa persepsi terhadap VAR harus disamakan terlebih dahulu.

"Saya pikir dalam beberapa hal perlu untuk berusaha menyatukan masalah VAR. Saya tidak berbicara dengan itikad baik atau buruk, tetapi untuk menyatukan kriteria," kata Scaloni seperti dikutip dari AS.

Scaloni juga bicara masalah pelanggaran yang diderita Exequiel Palacios. Scaloni heran VAR tak bekerja pada insiden tersebut.

"Kontak itu terjadi dan VAR tidak memeriksanya," Scaloni menyesali.

Argentina untuk sementara memimpin klasemen dengan tujuh poin dari tiga laga. Paraguay di posisi keempat dengan lima poin dari tiga pertandingan.

Argentina selanjutnya bertandang ke markas Peru. Ini menjadi laga terakhir Messi cs di 2020.

(ran/mrp)