sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 13 Nov 2020 15:09 WIB

Firmino, Busur yang Siap Melepas Anak Panah dari Tengah

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LIMA, PERU - OCTOBER 13: Roberto Firmino of Brazil reacts after missing a chance of goal during a match between Peru and Brazil as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Estadio Nacional de Lima on October 13, 2020 in Lima, Peru. (Photo by Daniel Apuy/Getty Images) Roberto Firmino bakal jadi gelandang serang di Timnas Brasil? (Getty Images/Daniel Apuy)
Rio de Janeiro -

Roberto Firmino boleh jadi tidak akan lagi jadi striker seperti biasanya. Firmino yang serbabisa mulai dijadikan gelandang serang yang siap melepas umpan-umpan matang.

Firmino memang lagi dikritik setelah performanya bersama Liverpool. Dijadikan pemain nomor sembilan, Firmino malah kesulitan bikin gol sepanjang tahun ini. Pemain 28 tahun itu baru bikin satu gol dan dua assist dari 12 pertandingan.

Ini melanjutkan catatan buruknya musim lalu karena cuma bikin 12 gol dari 52 pertandingan. Meski demikian, Firmino membuat 13 assist yang menunjukkan bahwa dia punya kemampuan spesial sebagai gelandang serang.

Posisi itulah yang sedang coba dilakoni Firmino di Liverpool saat ini. Dengan adanya Diogo Jota, maka Firmino bisa ditarik ke gelandang. Jadilah trio baru di lini serang Liverpool, Mohamed Salah, Jota, dan Sadio Mane alias Trio Jomansah.

Nah, posisi ini yang mungkin akan dilakoni oleh Firmino di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Timnas Brasil. Mengingat Brasil punya Richarlison, maka Firmino akan coba dimainkan sebagai nomor 10.

Dengan kemampuan Firmino melepas assist, maka ini akan sangat berguna untuk Richarlison atau Gabriel Jesus. Kebetulan Neymar absen di laga ini karena cedera.

"Penempatan Richarlison sebagai nomor 9 akan membuat Roberto Firmino kini lebih bebas, lebih sebagai busur ketimbang anak panah. Tidak seperti laga-laga sebelumnya, dia akan lebih membuat solid lini serang," ujar pelatih Brasil, Tite, seperti dikutip Mirror.

"Saya tidak ingin memberitahu lebih detil. Kami coba menyembunyikan beberapa info soal strategi, seperti halnya kami mengantisipasi lawan kami. Mereka juga pasti mengawasi kami," sambung Tite,

Brasil akan menghadapi Venezuela dulu, Sabtu (14/11/2020) pagi WIB, sebelum melawat ke Uruguay 18 November nanti. Untuk menyaksikan laga Firmino cs besok pagi, silakan tonton Mola TV lewat link ini.

(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com