Unggul Jumlah Pemain, Portugal Kalahkan Kroasia 3-2

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 18 Nov 2020 04:51 WIB
Portugals Cristiano Ronaldo vies for the ball with Croatias Luka Modric ,left, and Croatias Josip Juranovic, right, during the UEFA Nations League soccer match between Croatia and Portugal at the Poljud stadium in Split, Croatia, Tuesday, Nov. 17, 2020. (AP Photo/Darko Bandic)
Portugal kalahkan Kroasia 3-2 setelah unggul jumlah pemain. (Foto: AP/Darko Bandic)
Split -

Portugal berhasil mengalahkan Kroasia 3-2 di fase grup terakhir UEFA Nations League. Meski menang, Portugal gagal melaju ke semifinal dan pertahankan gelar.

Due Kroasia vs Portugal di Stadion Poljud, Rabu (18/11/2020) dini hari WIB, berjalan alot di 10 menit pertama. Kedua tim tak mampu membuat ancaman berarti.

Portugal duluan mengancam di menit ke-13 saat bola tembakan Diogo Jota dari jarak dekat diblok pemain Kroasia. Lima menit berselang giliran Cristiano Ronaldo yang mengancam, namun bola sundulannya masih belum mengarah ke gawang lawan.

Saat laga memasuki menit ke-20, Portugal bermain lebih bertahan karena Kroasia sangat agresif dalam menyerang. Mario Pasalic lantas mengancam dari jarak dekat, namun bola tembakannya masih bisa diblok.

Mateo Kovacic membawa Kroasia memimpin 1-0 di menit ke-29. Memanfaatkan umpan tarik, dia melepaskan tembakan dari jarak dekat dan bola berhasil diblok kiper Rui Patricio. Kovacic dengan cepat menyambar bola rebound untuk merobek gawang lawan.

Portugal kembali mengancam di menit ke-34. Bola tembakan Diogo Jota dari jarak dekat kembali bisa diblok pemain Kroasia. Skor 1-0 pun bertahan untuk tim tuan rumah di babak pertama.

Portugal mendapat keuntungan jumlah pemain di babak kedua. Marko Rog diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Ronaldo dan kemelut dari tendangan bebas di menit ke-52 membuat Ruben Dias sukses menyamakan skor menjadi 1-1.

Portugal berhasil berbalik unggul 2-1 di menit ke-61. Joao Felix mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan assist Diogo Jota.

Keunggulan jumlah pemain yak dimanfaatkan dengan baik oleh Portugal. Kroasia malah bisa menyamakan skor menjadi 2-2 lewat tembakan terukur Kovacic.

Portugal kerja keras menggempur pertahanan Kroasia. Dari banyaknya peluang, gol baru tercipta jelang laga tuntas.

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic, membuat kesalahan saat bola tangkapannya dari skema korner Portugal terlepas. Ruben Dias, yang berada didekat kiper, berhasil mencuri bola liar dan melesakkan ke gawang Kroasia. Portugal menang 3-2.

Sebelum laga ini bergulir, Portugal sudah dipastikan finis di posisi kedua, kalah tiga poin dari Prancis selaku pemimpin Grup 3 dengan 16 angka.

Portugal gagal mempertahankan gelar untuk edisi kedua. Pada edisi perdana UEFA Nations League, Portugal menjadi juara dengan mengalahkan Belanda di final.

Susunan Pemain:

Kroatia: Livaković; Juranović, Lovren, Škorić, Bradarić; Rog, Kovačić, Modrić, Pašalić; Vlašić, Perišić.

Portugal: Rui Patrício; Nélson Semedo, Rúben Semedo, Rúben Dias, Mário Rui; Danilo, João Moutinho, Bruno Fernandes; João Félix, Diogo Jota, Cristiano Ronaldo.



Simak Video "Portugal Bungkam Kroasia, Tapi Gagal ke Semifinal-Menjaga Gelar"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/raw)