sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Nov 2020 19:45 WIB

Maradona Meninggal, AVB Minta Nomor 10 Dipensiunkan di Sepakbola

Adhi Prasetya - detikSport
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JUNE 28: Fans of Argentina show jerseys from Lionel Messi and Diego Maradona prior to the Copa America Brazil 2019 quarterfinal match between Argentina and Venezuela at Maracana Stadium on June 28, 2019 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Lucas Uebel/Getty Images) Nomor 10 identik dengan Diego Maradona dan Lionel Messi di Argentina. Foto: Getty Images/Lucas Uebel
Marseille -

Diego Maradona meninggal dunia. Untuk menghormatinya, pelatih Marseille Andre Villas-Boas sampai menyarankan agar nomor 10 dipensiunkan dari sepakbola!

Maradona wafat dalam usia 60 tahun akibat henti jantung di rumahnya di Tigre, Buenos Aires, Rabu (25/11/2020) malam WIB. Kepergian juara Piala Dunia 1986 itu menimbulkan duka yang mendalam bagi dunia sepakbola.

Di masa keemasannya, ia menjadi panutan bagi banyak orang. Permainannya dipuji, banyak anak kecil yang terpukau dan ingin mengikuti jejaknya. Villas-Boas adalah satu dari jutaan orang yang mengidolakannya.

Ia pun mengenang pertemuan pertamanya dengan sang legenda. Itu terjadi saat ia menjadi asisten Jose Mourinho di Inter Milan pada periode 2008-2009.

"Pada satu waktu dia mendatangi markas latihan Inter, saya punya foto kenang-kenangan dengannya. Saya juga membeli jam yang didedikasikan oleh Diego Armando Maradona, sepasang dengan baju yang ditandatangani olehnya. Dia benar-benar jenius sepakbola," kata Villas-Boas, sebagaimana dikutip TyC Sports.

Berbagai bentuk penghormatan atas kematian Maradona pun diberikan oleh publik. Pemerintah Argentina mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari, bahkan mengizinkan jenazah pemilik 'gol tangan Tuhan' itu disemayamkan di Istana Kepresidenan.

Sementara Napoli, klubnya semasa bermain, berencana mengubah nama stadion mereka, San Paolo, menjadi Diego Armando Maradona Stadium. Namun bagi Villas-Boas, tribute terbesar untuk Maradona adalah dengan memensiunkan nomor 10 dari sepakbola.

"Saya ingin FIFA menghapus nomor 10 dari seluruh tim, di seluruh kompetisi. Itu akan menjadi penghormatan terbesar bagi seorang pesepakbola terbaik sepanjang sejarah," ujar Villas-Boas.

"Kematian Diego adalah kabar buruk, saya kehilangan seseorang yang begitu penting bagi saya," sambungnya.



Simak Video "Maradona Meninggal, Netizen Kenang Sang Pencetak 'Gol Tangan Tuhan'"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com