Loew Dipastikan Tetap Latih Jerman hingga Piala Eropa 2021

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 01 Des 2020 06:20 WIB
Soccer Football - UEFA Nations League - Germany Training - Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Netherlands - October 12, 2018   Germany coach Joachim Loew during training   REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Joachi Loew akan tetap menjadi pelatih Jerman hingga Piala Eropa di tahun 2021 (Foto: Piroschka Van De Wouw/Reuters)
Berlin -

Joachim Loew dipastikan tetap menjadi pelatih timnas Jerman hingga Piala Eropa 2021. Posisinya aman, meski Jerman pada laga terakhir dibantai Spanyol 0-6.

Keputusan dipertahankannya Loew di kursi pelatih timnas Jerman diumumkan oleh Federasi Sepakbola Jerman DFB di situs mereka, Senin (30/11/2020) malam WIB. DFB sepakat mengikuti saran Direktur Timnas Jerman, Oliver Bierhoff, tetap memakai jasa Loew hingga Piala Eropa di tahun 2021.

"Dalam tele conference pada hari Senin, Dewan Kepresidenan DFB, dengan suara bulat setuju untuk secara penuh mendukung program pelatih Jerman Joachim Loew meregenerasi timnas yang telah dijalankannya sejak Maret 2019," bunyi pernyataan DFB.

"Dengan demikian, Dewan Kepresidenan mengikuti saran dari Komite Kepresidenan dan Direktur Timnas Jerman, Oliver Bierhoff," lanjut pernyataan tersebut.

Posisi Loew sebelumnya sempat goyang setelah Jerman mencatatkan hasil kurang memuaskan di sepanjang 2020. Die Mannschaft hanya mampu menang tiga kali dari delapan laga di tahun ini.

Pada laga terakhir, Jerman bahkan dibantai oleh Spanyol di ajang UEFA Nations League (17/11). Selain itu, pelatih 60 tahun ini juga dikecam karena programnya meregenerasi timnas Jerman mengorbankan beberapa pemain berpengalaman semacam Thomas Mueller, Mats Hummels dan Jerome Boateng.

Di tengah tekanan di atas, DFB mengungkapkan alasan untuk tetap mempertahankan Loew. Mereka menilai Loew telah mencapai target ditentukan sebelumnya yaitu lolos ke putaran final Piala Eropa, bertahan di Liga A UEFA Nations League serta tetap berada di pot A di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

DFB menegaskan Jerman kini sepenuhnya fokus menyongsong Piala Eropa di tahun 2021. Tugas berat bakal menanti Loew di ajang tersebut.

Pasalnya, Nationalelf berada di Grup F yang merupakan grup Neraka bersama Hongaria, Portugal dan Prancis. Pada laga pembuka, Jerman akan menghadapi Prancis yang rencananya dihelat 16 Juni 2021 mendatang.



Simak Video "Perjalanan 15 Tahun Joachim Loew Bersama Jerman Berakhir!"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/bay)