Dalam Hal Ini Maguire Nomor 1 di Tahun 2020, Messi Saja Kalah!

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 22 Des 2020 14:15 WIB
Manchester Uniteds Harry Maguire warms up ahead of the English Premier League soccer match between Everton and Manchester United at the Goodison Park stadium in Liverpool, England, Saturday, Nov. 7, 2020. (Clive Brunskill/Pool via AP)
Dalam urusan menit bermain di tahun 2020, Harry Maguire ada di posisi atas mengungguli pemain macam Messi yang cuma posisi ketiga (Foto: AP/Clive Brunskill)
Jakarta -

Harry Maguire boleh menepuk dada terkait catatan menit bermainnya di tahun 2020 ini, yang menempatkanya di posisi pertama. Bahkan Lionel Messi cuma posisi ketiga!

Adalah pusat statistik sepakbola CIES Football Observatory yang mencatat Harry Maguire memiliki menit bermain paling banyak sebagai pesepakbola non-kiper di laga resmi dalam tahun kalender 2020 ini.

"Sampai dengan 17 Desember, pemain internasional Inggris itu dimainkan selama 4.745 menit (53 laga). Untuk jajaran pemain outfield, Maguire berada di atas RĂºben Dias-nya Manchester City dan megabintang Barcelona Lionel Messi," sebut CIES dalam laporan mingguannya.

Dalam 10 besar daftar tersebut, Manchester United memiliki tiga pemain. Selain Harry Maguire di posisi pertama, ada pula Bruno Fernandes yang main 4.164 menit dan Victor Lindelof dengan 4.142 menit.

Harry Maguire sendiri mencatatkan 301 menit lebih banyak ketimbang Ruben Dias yang berada di posisi kedua di daftar ini. Menariknya lagi, Maguire bahkan mencatatkan menit main lebih banyak ketimbang kiper!

Catatan yang sama mengungkap bahwa Marcelo Lomba dari SC Internacional sebagai kiper dengan menit bermain paling banyak dalam laga resmi di tahun kalender 2020. Ia tampil 4.740 menit, atau 52 laga resmi.

Dengan kata lain, laporan CIES Football Observatory ini mengungkap bahwa Harry Maguire sebagai pesepakbola dengan menit bermain paling banyak sepanjang tahun, paling tidak sampai 17 Desember, dengan keunggulan lima menit atas Lomba.

CIES Menit Main 2020Jajaran pesepakbola non-kiper, dengan menit bermain terbanyak di tahun 2020. (Foto: Dok. CIES)
CIES Menit Main 2020Jajaran kiper dengan menit bermain terbanyak di tahun 2020. Foto: Dok. CIES

Pun demikian, banyaknya menit bermain Harry Maguire ini sendiri turut dibarengi dengan sejumlah kritikan yang mengarah pada performanya di atas lapangan.

Dengan status sebagai pemain bertahan paling mahal di dunia usai direkrut Man United dari Leicester City seharga 80 juta paun pada tahun 2019, Harry Maguire beberapa kali dianggap tampil di bawah ekspektasi. Fakta bahwa ia pun merupakan kapten dari the Red Devils memang bikin sorotan terhadap Maguire jadi bertambah.

(krs/rin)