sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 07 Jan 2021 20:45 WIB

Estimasi Valuasi Marcus Rashford-nya MU No.1 di Dunia!

Kris Fathoni W - detikSport
Manchester Uniteds English Forward Marcus Rashford celebrates after scoring a goal  during the UEFA Europa League Group H first-leg football match between Paris Saint-Germain (PSG) and Manchester United at the Parc des Princes stadium in Paris on October 20, 2020. (Photo by FRANCK FIFE / AFP) Estimasi Valuasi Marcus Rashford-nya MU No.1 di Dunia! (Foto: AFP/Franck Fife)
Jakarta -

Nama pemain Manchester United Marcus Rashford bertengger di posisi pertama dalam sebuah studi terbaru mengenai estimasi valuasi pesepakbola di dunia.

Pusat statistik sepakbola CIES Football Observatory menempatkan Marcus Rasford sebagai pesepakbola dengan estimasi valuasi tertinggi di dunia pada saat ini. Jika dilego Man United, Rashford ditaksir punya nilai 166,6 juta euro (149,7 juta paun).

Nama Marcus Rashford menempati posisi teratas daftar yang dirilis CIES dua kali dalam setahun ini tak lepas dari performanya di musim 2020/2021 sejauh ini, dengan torehan 15 gol di seluruh ajang buat Man United dan timnas Inggris.

Selain itu, algoritma yang dipergunakan CIES ini juga memperhitungkan usia Marcus Rashford yang masih 23 tahun dan potensinya yang diprediksi masih punya ruang perkembangan besar.

Dalam daftar ini, Marcus Rashford menungguli striker Borussia Dortmund Erling Haaland dan full-back Liverpool Trent Alexander-Arnold, yang berada di posisi kedua dan ketiga secara berurutan.

Trent Alexander-Arnold juga menjadi pemain bertahan dengan posisi tertinggi di daftar ini. Sedangkan gelandang dengan estimasi valuasi tertinggi adalah Bruno Fernandes (151 juta euro). Ederson Moraes (80 juta euro) menjadi kiper di posisi teratas.

Menilik algoritma yang digunakan CIES, bagaimana dengan nama-nama pemain bola top macam Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang usianya sudah 'kepala tiga'?

"Dengan kontrak yang tersisa enam bulan lagi, Lionel Messi masih masuk 100 besar: posisi ke-97 dengan estimasi valuasi 54 juta euro," sebut CIES.

"Walaupun performanya apik, Cristiano Ronaldo yang sudah 35 tahun cuma berada di posisi ke-131 (47 juta euro). Ini berkaitan dengan usianya dan relatif pendeknya durasi kontraknya dengan Juventus (sampai Juni 2022)."

Estimasi Valuasi PesepakbolaEstimasi valuasi pesepakbola dunia berdasarkan studi terbaru CIES, yang menempatkan Marcus Rashford di posisi pertama. Foto: Dok. CIES

(krs/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com