sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 17 Jan 2021 00:01 WIB

Manuel Neuer, Kiper Terbaik Dunia dalam Sedekade Terakhir

Adhi Prasetya - detikSport
MUNICH, GERMANY - DECEMBER 09: Manuel Neuer of FC Bayern München reacts during the UEFA Champions League Group A stage match between FC Bayern Muenchen and Lokomotiv Moskva at Allianz Arena on December 09, 2020 in Munich, Germany. (Photo by Alexander Hassenstein/Getty Images) Neuer, kiper terbaik dunia sedekade terakhir. Foto: Getty Images/Alexander Hassenstein
Jakarta -

Manuel Neuer baru saja dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia dalam sedekade terakhir. Ia mengalahkan nama-nama seperti Gianluigi Buffon dan Thibaut Courtois.

Diberitakan Marca, Sabtu (16/1/2021), penghargaan ini diberikan oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS), badan yang mencatat sejarah dan rekor dalam dunia sepakbola, yang sudah berdiri sejak 1984.

Khusus untuk gelar kiper terbaik sedekade terakhir, IFFHS menilai berdasarkan peringkat 20 besar kiper terbaik dunia yang mereka keluarkan setiap tahunnya selama 2011-2020. Poin yang didapat seorang kiper selama 10 tahun itu akan diakumulasi.

Berdasarkan hasil tersebut, Neuer-lah yang berada di urutan teratas dengan total nilai 183 poin. Jumlah poin yang tinggi itu tak lepas dari performanya di Bayern Munich, Timnas Jerman dan Schalke 04 selama 10 tahun terakhir. Deretan trofinya pun juga banyak.

Bersama tiga tim tersebut, ia sudah memenangi delapan gelar Bundesliga, enam DFB-Pokal, dua Liga Champions, dan satu Piala Dunia. Konsistensi itulah yang membuatnya berada di urutan teratas.

Posisi kedua ada Buffon dengan 148 poin. Kiper Italia ini memang masih terhitung jago dalam sedekade terakhir, dan meraih banyak gelar. Namun ia sudah menjadi cadangan selama tiga musim terakhir, seiring bertambahnya usia.

Selanjutnya ada Courtois di urutan ketiga dengan 130 poin. Kiper Real Madrid asal Belgia itu tak diragukan lagi kapasitasnya, namun dalam ajang tahunan, ia baru sekali menang gelar kiper terbaik versi IFFHS dalam sedekade terakhir.

Sementara itu, Neuer sudah lima kali, sehingga sejak awal perhitungan poinnya pun sudah tertinggal. Jangan lupa juga bahwa Neuer lebih tua enam tahun darinya, sehingga lebih dulu bersinar dan dikenal sepakbola dunia.

Selamat Neuer!

Hasil penilaian kiper terbaik dunia 2011-2020 versi IFFHS

1 Manuel Neuer (Jerman) 183 poin
2 Gianluigi Buffon (Italia) 148
3 Thibaut Courtois (Belgia) 130
4 Hugo Lloris (Prancis) 96
5 Keylor Navas (Kosta Rika) 93
6 Jan Oblak (Slovenia) 85
7 Petr Čech (Republik Ceko) 80
8 Marc-André ter Stegen (Jerman) 78
9 David de Gea (Spanyol) 75
10 Iker Casillas (Spanyol) 67

(adp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com