sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Jan 2021 08:20 WIB

Imbas COVID-19, UEFA Gelar Piala Eropa 2020 Hanya di Satu Negara?

Yanu Arifin - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 21:  The UEFA European Championship trophy is displayed next to the logo for the UEFA EURO 2020 tournament during the UEFA EURO 2020 launch event for London at City Hall on September 21, 2016 in London, England.  (Photo by Dan Istitene/Getty Images) Piala Eropa 2020 akan digelar tahun ini, setelah sempat diundur akibat virus corona. (Foto: Dan Istitene/Getty Images)
Nyon -

UEFA ingin menggelar Piala Eropa 2020 di beberapa negara. Namun gara-gara COVID-19, ada pertimbangan pesta sepakbola Benua Biru itu digelar di satu negara saja.

Dilansir Guardian, UEFA akan menggelar Piala Eropa 2020 tahun ini, yang diundur karena pandemi virus corona. Rencananya, turnamen digelar pada 11 Juni-11 Juli di 12 kota dari 12 negara.

Ke-12 negara itu adalah Inggris (London), Spanyol (Bilbao), Jerman (Munich), Italia (Roma), Hungaria (Budapest), Azerbaijan (Baku), Rusia (St. Petersburg), Belanda (Amsterdam), Denmark (Kopenhagen), Irlandia (Dublin), Skotlandia (Glasgow), dan Rumania (Bucharest).

Namun, ada klaim UEFA tengah mempertimbangkan menggelar Piala Eropa 2020 di satu negara saja. Pandemi virus corona yang membuat hal itu disebut tengah dipertimbangkan.

"Kita tidak boleh lupa bahwa gagasan penyelenggaraan khusus turnamen ini muncul ketika virus korona tidak ada. Itu adalah inisiatif Komisi UE yang ingin sepak bola ditayangkan di seluruh Eropa," kata CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge, dilansir Guardian.

"Tapi saya tahu, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, yang sangat berhati-hati dengan corona, sedang memikirkan apakah tidak lebih masuk akal pada saat-saat ini untuk memainkan turnamen hanya di satu negara. Tentu saja dengan konsep kebersihan yang sesuai," jelasnya.

Terakhir, UEFA sendiri masih menggodok rencana di 12 negara. Ada beberapa opsi, di antaranya adalah stadion penuh, 50:50, 20-30 persen, hingga tertutup sama sekali.

"Setiap kota tuan rumah bersama dengan UEFA, akan memilih 2-3 skenario dan mengembangkan rencana yang sesuai dalam beberapa minggu mendatang. Keputusan tentang skenario mana yang akan diterapkan secara individual di setiap kota selama turnamen akan dibuat pada bulan Maret," jelas pernyataan UEFA beberapa waktu lalu.

Banner Papan Atas EPL
(yna/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com