Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Depannya Trio Maut!

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 28 Jan 2021 14:00 WIB
Barcelonas Lionel Messi, left, shakes has with Juventus Cristiano Ronaldo prior of the start of the Champions League group G soccer match between FC Barcelona and Juventus at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, Dec. 8, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua pemain dalam starting xi terbaik dalam satu dekade. (Foto: AP/Joan Monfort)
Jakarta -

Berikut starting XI terbaik di dunia sepakbola dalam satu dekade terakhir, pada kurun waktu 2011-2020, termasuk trio maut di lini depannya.

Tim terbaik itu disusun oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS), sebuah badan yang mencatat sejarah dan rekor dalam dunia sepakbola dan sudah berdiri sejak 1984 silam.

Sebelum merilis susunan tim terbaik ini, IFFHS sudah lebih dulu sempat memunculkan nama-nama terbaik di dunia sepakbola. Sebut saja nama kiper asal Jerman Manuel Neuer, misalnya, yang jadi sosok terbaik di bawah mistar gawang setelah mengungguli Gianluigi Buffon (Italia) dan Thibaut Courtois (Belgia).

Setelah itu ada pula Philipp Lahm (Jerman) dan Marcelo (Brasil) yang menempati posisi full-back di daftar ini. Jantung pertahanan jadi milik Virgil van Dijk (Belanda) dan Sergio Ramos (Spanyol).

Melangkah ke lini tengah, ada trio beda negara. Yakni Andres Iniesta (Spanyol), yang diapit Toni Kroos (Jerman) dan Luka Modric (Kroasia).

Sementara lini depan akan ditempati tiga pemain gahar dalam urusan menjebol gawang lawan. Ada Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Lionel Messi (Argentina), yang mengapit Robert Lewandowksi (Polandia) sebagai striker tengah.

Berdasarkan kebangsaan, timnas Jerman paling banyak memiliki wakil di daftar IFFHS ini dengan tiga pemain. Unggul tipis atas Spanyol yang punya dua pemain. Sementara enam pemain lain masing-masing merupakan wakil Brasil, Belanda, Kroasia, Argentina, Portugal, dan Polandia.

Berikut starting XI terbaik dunia sepakbola dalam satu dekade terakhir menurut IFFHS. detikers setuju enggak?

GK: Manuel Neuer

RB: Philipp Lahm
CB: Sergio Ramos
CB: Virgil van Dijk
LB: Marcelo

CM: Toni Kroos
CM: Andres Iniesta
CM: Luka Modric

FW: Cristiano Ronaldo
FW: Robert Lewandowski
FW: Lionel Messi

Starting XI TerbaikStarting XI Terbaik dalam satu dekade terakhir versi IFFHS. Foto: dok. IFFHS

Tonton Video: Liverpool Dominasi Starting XI Terbaik Afrika

[Gambas:Video 20detik]



(krs/nds)