sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 08 Feb 2021 14:10 WIB

IFFHS Tetapkan Lionel Messi Pesepakbola Terbaik Sedekade Terakhir

Yanu Arifin - detikSport
GRANADA, SPAIN - FEBRUARY 03: Lionel Messi of FC Barcelona looks on  during the Copa del Rey match between Granada and Barcelona at Estadio Nuevo Los Carmenes on February 03, 2021 in Granada, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Fran Santiago/Getty Images) Striker Barcelona, Lionel Messi, dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam sedekade terakhir. (Foto: Fran Santiago/Getty Images)
Bonn -

International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) merilis daftar 10 pesepakbola terbaik sedekade terakhir. Lionel Messi jadi yang terbaik.

Di situs resminya, IFFHS merilis pesepakbola terbaik dalam kurun 10 tahun terakhir. Rentang tahun yang dipilih dari 2011 hingga 2020.

Hasilnya, Messi menempati urutan pertama. Penyerang Barcelona itu dinilai masih yang terbaik dalam sedekade terakhir.

Selama 10 tahun terakhir, Messi mempersembahkan 21 trofi bergengsi untuk Barcelona. Di antaranya 6 titel Liga Spanyol dan dua gelar Liga Champions.

Bersamaan dengan capaian itu, Lionel Messi juga menyabet empat gelar Ballon d'Or. Torehan itu membuatnya jadi yang terbanyak mengoleksi status pemain terbaik sedunia hingga saat ini.

Di tempat kedua ada pesaing Messi, yakni Cristiano Ronaldo. Striker Portugal itu meraih 19 gelar di klub, yakni Real Madrid dan Juventus, serta dua trofi bergengsi bagi Timnas Portugal, yakni juara Piala Eropa 2016 serta UEFA Nations League 2019.

Ronaldo juga menyabet empat gelar Ballon d'Or selama sedekade terakhir. Namun, total gelar Ballon d;Or yang dimilikinya baru lima, kalah satu gelar dari Messi.

Sementara di tempat ketiga, ada Andres Iniesta. Eks Barcelona yang kini berkarier di Jepang, dinilai tetap salah satu yang terbaik dalam sedekade terakhir.

Kesuksesan Iniesta di Barcelona, serta membawa dua gelar prestisius bagi Timnas Spanyol, yakni Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012, menjadi alasannya.

Neymar kemudian berada di posisi empat. Pemain termahal dalam sejarah sepakbola itu juga sukses di Barcelona dan kini bermain di Paris Saint-Germain.

Dan posisi lima besar diisi Sergio Ramos. Kapten Real Madrid itu juga menjadi pemain terbaik karena bisa mengantar Los Blancos juara Liga Champions empat kali dalam sedekade terakhir, dan juga membantu Spanyol juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Di peringkat enam hingga sepuluh ada nama-nama top lainnya. Berturut-turut mereka adalah Manuel Neuer (Jerman/Bayern Munich), Robert Lewandowski (Polandia/Bayern Munich), Gianluigi Buffon (Italia/Juventu), Zlatan Ibrahimovic (Swedia/AC Milan), dan Luka Modric (Kroasia/Real Madrid).

Dalam sepuluh besar yang dipuncaki Lionel Messi itu, tak ada nama-nama beken yang saat ini sedang mencuat. Sebut saja Kylian Mbappe, Mohamed Salah, hingga Kevin de Bruyne.

Saksikan juga 'Messi Datang, Barcelona Menang':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com