Steven Gerrard Gagal Juara Liga di Liverpool, Tebus di Rangers

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 08 Mar 2021 16:20 WIB
EDINBURGH, SCOTLAND - JANUARY 27: Rangers Manager Steven Gerrard is seen at full time during the Ladbrokes Scottish Premiership match between Hibernian and Rangers at Easter Road on January 27, 2021 in Edinburgh, Scotland. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Ian MacNicol/Getty Images)
Steven Gerrard akhirnya bisa juara liga juga dalam kariernya (Getty Images/Ian MacNicol)
Glasgow -

Steven Gerrard mendapatkan apa yang tidak bisa diraihnya bersama Liverpool, yakni gelar juara Liga. Gerrard baru saja melakukannya bareng Rangers FC.

Gerrard tak dipungkiri adalah legenda hidup Liverpool dengan segala gol-gol, assist, dan trofi yang pernah diberikannya. Dia sendirian berjuang melajukan Liverpool saat menjuarai Liga Champions 2005.

Bahkan ketika ada banyak tawaran datang dari klub-klub besar saat itu, Gerrard tetap setiap dengan Si Merah. Tapi, kesempurnaan hanya milik Tuhan dan Gerrard juga punya cela dalam kariernya.

Bukan soal caranya menutup karier di Liverpool begitu buruk, Liverpool finis kedelapan dan Gerrard sempat ditepikan oleh Brendan Rodgers kala itu, tapi soal kegagalannya meraih gelar juara liga.

Bisa dibilang hanya itu yang kurang dari karier Steven Gerrard di Anfield. Selama kariernya, Gerrard paling mentok membawa Liverpool runner-up pada 2002, 2009, dan 2014. Yang paling menyakitkan tentu 2014 ketika Liverpool ada di puncak hingga mendekati akhir musim, sebelum disalip Manchester City.

Gerrard akan selalu dikenang dengan aksi terpelesetnya ketika Chelsea menang 2-0 di Anfield April 2014, yang jadi biang keladi gol Demba Ba ke gawang Liverpool. Tapi, Gerarrd sebagai manajer sudah bisa menebusnya.

Ya, bersama Rangers di musim keduanya, Gerrard berhasil melanukan klub itu ke tangga juara Liga Skotlandia 2020/2021. Ini jadi gelar liga pertama Rangers dalam 10 tahun, dengan mengangkangi Celtic selaku rival abadinya.

Hebatnya, Gerrard melakukan ini dengan sangat gaya, yakni Rangers tak terkalahkan hingga pekan ke-32 dengan 28 kemenangan dan empat imbang. Ada 77 gol dibuat dan bahkan cuma kebobolan sembilan.

Rangers bahkan tak terkalahkan di 17 pertandingan terakhirnya di seluruh kompetisi. Tapi, gelar liga ini baru awal untuk Gerrard yang ingin melajukan Rangers lebih jauh.

Babak 16 besar Liga Europa kontra Slavia Praha pekan ini bisa jadi langkah lanjutan untuk Gerrard dan pasukan The Gers.

"Saya sulit berkata-kata saat ini. Saya benar-benar emosional dan perjalanan ini belum selesai," ujar Steven Gerrard di Daily Mail.

"Akan ada yang lainnya dan buat saya seusai menjadi juara, maka selalu berpikir soal langkah selanjutnya. Saya sangat bangga dengan para pemain dan mereka adalah bagian penting klub ini," sambungnya,

"Saya selalu bilang bahwa yang pertama itu selalu sulit. Tapi, saya lapar sekali untuk meraih gelar-gelar selanjutnya dan saya harap para pemain bisa merasakannya juga."

(mrp/krs)