De Rossi Gabung Staf Pelatih Timnas Italia

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 19 Mar 2021 01:20 WIB
BUENOS AIRES, ARGENTINA - AUGUST 25: Daniele De Rossi of Boca Juniors leave at the end of a match between Banfield and Boca Juniors as part of Superliga 2019/20 at Florencio Sola Stadium on August 25, 2019 in Buenos Aires, Argentina. (Photo by Marcos Brindicci/Getty Images)
Daniele De Rossi gabung staf pelatih Timnas Italia (Getty Images/Marcos Brindicci)
Florence -

Daniele De Rossi akan memulai jenjang baru dalam kariernya di lapangan hijau. De Rossi akan memulai sebagai staf pelatih di Timnas Italia.

De Rossi sudah pensiun sejak 6 Januari 2020 setelah terakhir bermain di Boca Juniors. Hanya lima kali penampilan dibuat De Rossi selama berseragam Boca.

Kariernya tentu dihabiskan bersama klub masa kecilnya AS Roma selama 18 tahun sebelum cabut pada 2019. De Rossi tampil 616 kali dan membuat 63 gol.

Pemain berjuluk 'Pangeran Kecil' itu mempersembahkan dua trofi Coppa Italia. Dengan segudang pengalamannya itu, De Rossi pun dibutuhkan oleh Italia yang kini dipenuhi pemain muda.

Oleh karenya De Rossi menerima pinangan Federasi Sepakbola Italia (FIGC) untuk menjadi staf pelatih Roberto Mancini di Coverciano. Ini jadi awal untuk De Rossi yang ingin jadi pelatih selepas gantung sepatu.

"Saya sangat bangga memulai karier bersama timnas Italia dan saya berterima kasih kepada Presiden Gabriele Garvina dan juga pelatih Mancini atas kesempatan serta kepercayaan ini," ujar De Rossi seperti dikutip Football-Italia.

"Menyenangkan bisa balik ke Coverciano, yang mana itu artinya saya kembali ke rumah dan bertemu banyak mantan kolega serta teman-teman di staf pelatih dan tim. Saya tak sabar untuk segera memulainya," sambungnya,

De Rossi adalah salah satu pilar Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006. De Rossi punya 117 caps dan 21 gol sejak debut pada 2004 sebelum pensiun pada 2017.

Debut Daniele De Rossi adalah saat Italia menghadapi Irlandia Utara, Bulgaria, dan Lithuania di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pekan depan.

"Saya sangat senang Daniele gabung tim kami. Saya yakin dia akan berkontribusi besar kepada para pemain dan saya harap pengalaman pertamanya ini akan berguna untuk kariernya ke depan," tutur Mancini.

(mrp/pur)