Hulk Mandi Keringat, Berat Badan Bisa Turun 5 Kg dalam 90 Menit

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 19 Mar 2021 11:30 WIB
Shanghais forward Hulk celebrates his goal during the AFC Champions League group H football match between Koreas Jeonbuk Hyundai Motors and Chinas Shanghai SIPG on November 22, 2020, at the Khalifa International Stadium in the Qatari capital Doha. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)
Hulk Mandi Keringat, Berat Badan Bisa Turun 5 Kg dalam 90 Menit. Foto: AFP/KARIM JAAFAR
Jakarta -

Dengan kembalinya pesepakbola Hulk merumput di negara asalnya, terungkap pula mengenai kondisinya yang lazim mandi keringat sampai bikin berat badannya turun dalam hitungan kilogram dalam durasi satu pertandingan.

Hulk, yang punya nama lengkap Givanildo Vieira de Sousa, kini kembali merumput di Brasil. Pesepakbola 34 tahun dengan 48 caps di Tim Samba itu bergabung dengan Atletico Mineiro pada akhir Januari lalu, usai teken kontrak dua tahun.

Sejak mengawali karier sepakbola bersama Vittoria di tahun 2004-2005, baru kali ini lagi Hulk tampil di kompetisi Brasil. Sebelum ini ia sudah pernah merumput di Jepang, Portugal, Rusia, dan China.

Sekembalinya Hulk ke negara kelahirannya, Roberto Chiari selaku fisioterapis mengungkap sebuah kondisi fisik dari pemain bersangkutan.

[Gambas:Instagram]




Hulk, katanya dalam wawancara dengan TV Galo via Record, harus mendapat perhatian khusus terkait asupan cairan agar tak dehidrasi karena banyak berkeringat. talkSPORT menyebut, berat badan Hulk bisa turun 11lbs (sekitar 5 kilogram) dalam 90 menit tampil.

"Ia banyak berkeringat, ini bukannya hal buruk. Bahkan atlet yang banyak berkeringat menggunakan mekanisme pembuangan panas tubuh yang paling efisien, yakni lewat berkeringat," ujar Chiari.

"Keringat ini, saat menguap, membuat atlet dapat menghilangkan panas tubuh dengan cara yang lebih efisien. Jadi, kehilangan bobot tubuh lantaran dehidrasi melalui keringat bukanlah masalah. Ini cuma bikin kami harus memberikan perhatian ekstra agar ia tetap terhidrasi."

"Staf pijat kami, yang ada di tepi lapangan, sudah tahu bahwa pemain pertama yang harus mendapat air atau asupan isotonik tiap ada jeda latihan adalah Hulk karena ia banyak mengalami dehidrasi. Kami melihat bahwa ia kehilangan banyak berat badan di setiap sesi latihan, tapi puji Tuhan ia tidak sampai kehilangan bobot tubuh kelewat banyak."

"Mungkin itu karena efisiensi dari staf pijat kami yang senantiasa menjaganya tetap terhidrasi. Tapi untuk memastikan hal tersebut, kami tidak pernah lupa mengingatkan agar tetap terhidrasi usai latihan. Dan keesokan harinya, ia kembali berlatih dengan berat badan yang sama sebelum latihan hari sebelumnya," tuturnya soal kondisi Hulk.




(krs/rin)