Dear Cristiano Ronaldo, Wasit Diklaim Sudah Minta Maaf nih

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 28 Mar 2021 12:00 WIB
Portugals Cristiano Ronaldo reacts during the World Cup 2022 group A qualifying soccer match between Serbia and Portugal at the Rajko Mitic stadium in Belgrade, Serbia, Saturday, March 27, 2021. (AP Photo/Darko Vojinovic)
Dear Cristiano Ronaldo, Wasit Diklaim Sudah Minta Maaf nih. Foto: AP/Darko Vojinovic
Belgrade -

Gol Cristiano Ronaldo tidak disahkan oleh wasit Danny Makkelie yang memimpin laga Serbia Vs Portugal di ajang kualifikasi Piala Dunia. Usai laga, wasit diklaim sudah minta maaf.

Laga itu sendiri berakhir 2-2, setelah tim tamu Portugal unggul dua gol lebih dulu melalui gol-gol Diogo Jota dan Serbia selaku tim tuan rumah kemudian menyamakan skor lewat gol dari Aleksandar Mitrovic dan Filip Kostic.

Skor akhir bisa saja berbeda andaikata gol Cristiano Ronaldo menjelang laga berakhir tidak dianulir wasit. CR7 menjebol gawang Serbia saat injury time, di menit ke-90+3.

Hasil tayangan ulang memperlihatkan si kulit bundar sebenarnya sudah cukup jauh masuk ke dalam gawang Serbia sebelum disapu Mitrovic. Hal itulah yang bikin Cristiano Ronaldo kesal dengan keputusan wasit untuk tidak mengesahkan golnya.

Fernando Santos, pelatih Timnas Portugal, juga terlihat protes ke wasit usai peluit akhir dibunyikan di laga kualifikasi Piala Dunia tersebut. Kepada jurnalis, ia pun menegaskan keyakinannya bahwa gol Cristiano Ronaldo harusnya disahkan.

"Bolanya sudah masuk ke gawang lebih dari setengah meter. Itu memang tidak mengubah fakta bahwa kami harusnya bisa tampil lebih baik. Tapi dalam sepakbola, sungguh mustahil gol tak disahkan padahal bola sudah masuk ke gawang sampai setengah meter."

Dalam sesi konferensi pers, Fernando Santos juga mengungkap pembicaraan yang ia lakukan dengan pengadil lapangan. Ia mengklaim, wasit Danny Makkelie sudah minta maaf tidak mengesahkan gol Cristiano Ronaldo.

"Wasitnya sudah minta maaf kepada saya. Itu adalah yang kedua kalinya dalam sebuah partai kualifikasi (Piala Dunia) mereka minta maaf kepada saya usai sebuah laga," ujar Fernando Santos.

"Sungguh sukar dicerna bahwa dalam sebuah ajang sebesar ini, karena kami membidik Piala Dunia, tidak ada VAR atau teknologi garis gawang. Bahkan ini merupakan salah satu hal yang ia (wasit) katakan kepada saya di lapangan, bahwa tidak ada teknologi garis gawang padahal sebenarnya itu penting sekali. Kemudian ia minta maaf kepada saya."

"Namun, itu tidak banyak mengubah fakta bahwa pada akhirnya kami mendapatkan hasil seri. Jadi saya harus menegaskan bahwa kita mesti benar-benar memikirkan hal ini. Wasit adalah manusia, mereka bisa bikin kesalahan. Itu mengapa ada VAR dan teknologi garis gawang agar hal semacam ini tidak terulang lagi," tuturnya.

(krs/krs)