Waduh, Klub David Beckham Langgar Aturan Gaji MLS

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 17 Apr 2021 21:00 WIB
Blaise Matuidi
Matuidi bergabung dengan Inter Miami sejak Agustus 2020. Foto: Twitter @MATUIDIBlaise
Jakarta -

Inter Miami kedapatan melanggar aturan gaji yang diterapkan Major League Soccer (MLS). Pelanggaran yang dilakukan klub milik David Beckham itu berkaitan dengan bayaran Blaise Matuidi.

Matuidi sendiri baru direkrut pada Agustus 2020, setelah kontraknya diputus oleh Juventus. Inter Miami memasukkan statusnya sebagai targeted allocation money player (TAM), yang berarti gelandang asal Prancis itu maksimal dibayar 2,8 juta Dolar per musim, berdasarkan aturan MLS tahun lalu.

Mengingat Matuidi masuk di pertengahan musim (MLS bergulir selama Februari-Desember, sempat terpotong karena pandemi COVID-19), maka gajinya bisa lebih sedikit dari angka di atas. Namun berdasarkan penelusuran MLS, rupanya gaji yang dibayar kepada Matuidi di luar batas aturan yang diizinkan.

Jika memang begitu, maka Matuidi seharusnya didaftarkan sebagai designated player (DP), karena gajinya sudah di luar batas salary cap. Nama-nama seperti Beckham, Zlatan Ibrahimovic, Steven Gerrard, Andrea Pirlo, hingga Frank Lampard semasa bermain di MLS pernah berstatus demikian.

Masalahnya, setiap tim hanya boleh mendaftarkan tiga pemain yang berstatus DP. Inter Miami pada musim lalu sudah memasukkan nama Gonzalo Higuain, Rodolfo Pizzarro, dan Matias Pellegrini.

Ditambah Matuidi, maka jumlah DP di Inter Miami menjadi empat orang. Ini yang membuat Inter Miami melanggar aturan.

"Kompensasi untuk Matuidi jumlahnya berada di atas batas yang diizinkan untuk pemain berstatus TAM, dan dia harus diklasifikasikan sebagai designated player," bunyi pernyataan MLS, dikutip BBC.

"Dengan demikian, Inter Miami melanggar batas designated player, di mana mereka sudah punya tiga orang, dan ditambah Matuidi pada 2020."

Sejauh ini, Inter Miami masih menunggu sanksi yang akan diberikan. Namun untuk memperbaiki struktur gajinya di musim 2021, Inter Miami memutuskan menebus kontrak Pellegrini.

Pemain 21 tahun asal Argentina itu akan dipinjamkan ke Fort Lauderdale, yang bermain di kasta ketiga sepak bola Amerika Serikat, dan tak boleh tampil di MLS tahun ini. Dengan begitu, Matuidi bisa bermain dengan status DP dan Inter Miami tak melanggar aturan.

(adp/rin)