ADVERTISEMENT

Negara Peserta Euro 2020 Diizinkan Bawa 26 Pemain

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 28 Apr 2021 09:20 WIB
GLASGOW, SCOTLAND - OCTOBER 08: Andy Robertson of Scotland celebrates after his teams victory in the penalty shoot out during the UEFA EURO 2020 Play-Off semi-finals match between Scotland and Israel at Hampden Park on October 08, 2020 in Glasgow, Scotland. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in fixtures being played behind closed doors. (Photo by Ian MacNicol/Getty Images)
Skotlandia, salah satu negara peserta Euro 2020. Foto: Getty Images/Ian MacNicol
Jakarta -

UEFA akan memberikan izin kepada 24 negara peserta Piala Eropa 2020 untuk membawa 26 pemain ke turnamen. Keputusan itu diambil sebagai langkah antisipasi di tengah pandemi COVID-19.

Dilaporkan harian The Times dan BBC, Selasa (27/4/2021), komite tim nasional UEFA sudah mengadakan pertemuan pada Senin lalu. Dari situ, muncul rekomendasi untuk menambah jumlah pemain yang boleh didaftarkan, dari awalnya 23 pemain saja.

Dengan penambahan itu, para pelatih diharapkan tak perlu dipusingkan dengan keterbatasan jumlah pemain dalam skuad jika sewaktu-waktu ada kasus penyebaran COVID-19 di dalam timnya, yang dapat mengganggu persiapan tim.


Keputusan ini masih menunggu persetujuan dari komite eksekutif UEFA, yang rencananya akan dilakukan pekan ini. Mengingat salah satu wakil presiden UEFA yang juga legenda Juventus, Zbigniew Boniek, mendukung penuh rekomendasi ini, maka kemungkinan besar lampu hijau akan didapat.

Sebelumnya, UEFA sudah mengonfirmasi bahwa selama Euro berlangsung, setiap tim diizinkan melakukan 5 pergantian pemain, seperti yang dilakukan sebagian besar kompetisi domestik di negara-negara Eropa musim ini.

Italy's coach Roberto Mancini waves prior to the Euro 2020 1st round Group J qualifying football match Italy v Armenia on November 18, 2019 at the Renzo-Barbera stadium in Palermo. (Photo by Andreas SOLARO / AFP)Mancini pernah mengusulkan agar pemain yang diikutsertakan ke Euro 2020 bisa ditambah jumlahnya. Foto: AFP/ANDREAS SOLARO

Penambahan jumlah pemain sendiri merupakan usulan dari kalangan pelatih, salah satunya Roberto Mancini (Timnas Italia). Hal ini berkaca dari kesulitan yang dialaminya selama menjalani pemusatan latihan timnas, di mana harus ada beberapa pemain yang mundur karena terinfeksi COVID-19.

Piala Eropa 2020 akan digelar mulai 11 Juni mendatang. Setiap negara peserta sudah harus mendaftarkan nama-nama pemain yang akan dibawa selambat-lambatnya tanggal 1 Juni.

(adp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT