Van Dijk Absen di Piala Eropa 2020!

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 12 Mei 2021 19:30 WIB
BELFAST, NORTHERN IRELAND - NOVEMBER 16: Virgil van Dijk of Netherlands celebrates at the end of the UEFA Euro 2020 qualifier between Northern Ireland  and The Netherlands at Windsor Park on November 16, 2019 in Belfast, Northern Ireland. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Virgil van Dijk pastikan absen dari Piala Eropa 2020. (Foto: Getty Images/Mike Hewitt)
Jakarta -

Virgil van Dijk akhirnya memastikan tidak akan gabung tim nasional Belanda untuk Piala Eropa 2020. Ia akan fokus memulihkan cederanya.

Virgil van Dijk mengalami cedera lutut parah pada Oktober tahun lalu saat membela Liverpool melawan Everton. Praktis sejak saat itu ia absen dari lapangan hijau dan dipastikan tidak akan bermain sampai musim ini tuntas.

Tapi kemudian muncul kabar bahwa bek 29 tahun itu berpeluang tampil di Piala Eropa 2020 pada bulan Juni-Juli mendatang. Pelatih Belanda Frank de Boer memilih menyerahkan keputusan sepenuhnya ke tangan sang kapten.

Sementara itu, manajer Liverpool Juergen Klopp berharap tidak ada yang memaksa agar Van Dijk lekas kembali bermain. Sebab ia melihat kondisinya tak memungkinkan untuk langsung tampil di turnamen yang begitu intens.

Virgil van Dijk pada akhirnya mengeluarkan pernyataan tidak akan tampil di Piala Eropa 2020.

"Dengan semua yang terjadi, saya merasa secara fisik ini adalah keputusan yang tepat, bahwa saya memutuskan tak pergi ke Piala Eropa dan melanjutkan fase terakhir rehabilitasi selama libur musim. Jadi fokus penuhnya akan ke pramusim dengan klub dan itu adalah target yang realistis, jadi saya menantikannya," ujarnya dilansir Sky Sports.

"Tentu saja saya sangat sedih harus melewatkan Piala Eropa, melewatkan kejuaraan dan memimpin negara saya sendiri di sana. Tapi segala sesuatunya sudah terjadi seperti ini dan saya harus menerimanya, kita semua mesti menerima. Saya rasa keputusan untuk tidak ke Piala Eropa itu tepat dalam gambaran besar. Ini berat, tapi saya tidak masalah dengan itu," imbuh pemain kelahiran Breda tersebut.

(raw/krs)