Laporte Resmi Pindah Timnas dari Prancis ke Spanyol

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 14 Mei 2021 19:30 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 09:  Aymeric Laporte of Manchester City arrives ahead of the UEFA Champions League Quarter Final first leg match between Tottenham Hotspur and Manchester City at Tottenham Hotspur Stadium on April 09, 2019 in London, England. (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
Aymeric Laporte pindah timnas dari Prancis ke Spanyol. (Foto: Getty Images/Dan Mullan)
Jakarta -

Aymeric Laporte secara resmi telah berpindah tim nasional. Bek Manchester City itu bukan lagi pemain internasional Prancis, melainkan Spanyol.

Hal itu dipastikan setelah FIFA menyetujui perpindahannya dari tim nasional Prancis ke Spanyol. Ia sebelumnya, pada awal pekan ini, telah mendapatkan kewarganegaraan Spanyol.

"Pemain bernama Aymeric Laporte kini bisa bermain untuk tim-tim perwakilan RFEF - Asosiasi Sepakbola Spanyol, dan berlaku segera," ungkap pernyataan FIFA seperti dikutip Sky Sports.

Perubahan ini disetujui FIFA setelah induk asosiasi sepakbola itu melakukan amandemen terhadap peraturannya tahun lalu. Pemain kini bisa berpindah negara selama belum memainkan lebih dari tiga pertandingan untuk negara asalnya sebelum berusia 21 tahun, juga tidak pernah tampil di Piala Dunia atau turnamen kontinental.

Laporte sendiri belum pernah memperkuat tim nasional senior Prancis, meski sudah rutin membela tim junior dari level U-17 sampai U-21. Bek 26 tahun itu lahir di Agen, Prancis, tapi juga punya darah Basque, Spanyol dari kakek buyutnya.

Karena darah Basque itu pula ia bisa bergabung dengan akademi Athletic Bilbao pada 2010. Ia pindah di usia 16 tahun kala itu dan memperkuat Bilbao sampai 2018, sampai menerima pinangan Manchester City.

(raw/cas)