De Bruyne Cedera, Bagaimana Nasibnya di Piala Eropa 2020?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 31 Mei 2021 03:00 WIB
PORTO, PORTUGAL - MAY 29: Kevin De Bruyne of Manchester City walks off after suffering an injury during the UEFA Champions League Final between Manchester City and Chelsea FC at Estadio do Dragao on May 29, 2021 in Porto, Portugal. (Photo by Michael Steele/Getty Images)
De Bruyne saat kondisinya diperiksa tim medis Man City. Foto: Getty Images/Michael Steele
Jakarta -

Kevin De Bruyne mengalami cedera di Final Liga Champions. Gelandang Manchester City itu kini berpacu dengan waktu agar bisa pulih dan bermain untuk Belgia di Piala Eropa 2020.

Diberitakan Guardian, Minggu (30/5/2021), De Bruyne menderita patah tulang hidung dan tulang orbital di rongga mata kiri seusai bertabrakan dengan bek Chelsea Antonio Rudiger di menit ke-56.

Akibatnya, ia tak bisa melanjutkan permainan dan digantikan Gabriel Jesus. Pemain 29 tahun itu keluar lapangan sambil menitikkan air mata. Pada akhirnya Man City kalah 0-1 di laga tersebut.

Final LIga Champions 2020/2021 Manchester City vs ChelseaDe Bruyne terjatuh usai bertabrakan dengan Rudiger. Foto: Getty Images/Carl Recine - Pool

Cedera tersebut jelas bikin pusing Pelatih Belgia Roberto Martinez. Meski De Bruyne mengaku dalam kondisi baik setelah keluar dari rumah sakit, namun masa pemulihan cedera menjadi penentu ikut tidaknya De Bruyne ke Euro 2020.

Belgia akan menjalani laga perdana Grup B melawan Rusia pada 12 Juni. Itu artinya, sekarang De Rode Duivels punya 13 hari untuk memantau kondisi De Bruyne. Setiap tim diketahui boleh mengganti pemain yang sudah didaftarkan, asal dilakukan sebelum laga pertama.

Jika menilik laporan ESPN, cedera yang dialami De Bruyne setidaknya butuh waktu 3 pekan untuk pulih. Namun ia bisa saja tetap dibawa oleh Martinez dan bertanding memakai pelindung wajah, seperti yang umum dilakukan pesepakbola.

(adp/pur)