Copa America 2021 Juga Batal Digelar di Argentina

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 31 Mei 2021 12:35 WIB
CARTAGENA, COLOMBIA - DECEMBER 03: Director of Competitions of CONMEBOL Hugo Figueredo speaks during the draw for Copa America 2020 co-hosted by Argentina and Colombia at Centro de Convenciones de Cartagena de Indias on December 03, 2019 in Cartagena, Colombia.  (Photo by Guillermo Legaria/Getty Images)
Argentina juga batal gelar Copa America 2021 (Getty Images/Guillermo Legaria)
Luque -

Copa America 2021 mencari tuan rumah baru. Ini setelah Argentina juga batal menggelar turnamen antarnegara Amerika Latin tersebut.

Copa America sejatinya dihelat 13 Juni hingga 10 Juli mendatang di Argentina dan Kolombia. Tapi, dua minggu jelang turnamen dimulai, keduanya malah batal jadi tuan rumah arena alasan berbeda.

Kolombia pekan lalu sudah dicabut haknya karena gejolak politik yang tak menentu, menyusul protes keras kepada presiden Ivan Duque. Argentina otomatis jadi tuan rumah tunggal sambil Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) mencari pengganti Kolombia.

Tapi, selang 10 hari kemudian, Argentina juga mundur sebagai tuan rumah Copa America 2021. Ini dikarenakan tingginya angka kasus Covid-19 di negara tersebut.

Per Senin (31/5) pagi WIB, Argentina punya rataan kasus tertinggi kelima di dunia, 76 kasus per 100.000 orang. Itu sama dengan lebih dari 34.000 kasus per harinya.

Angka kasus dalam 14 hari di Argentina meningkat 54 persen! Alhasil, pemerintah Argentina harus melakukan lockdown dengan melarang aktivitas yang non-esensial, termasuk sepakbola.

Dengan demikian CONMEBOL akan mencari tuan rumah dalam waktu dua pekan agar Copa America bisa digelar sesuai jadwal. Sejauh ini, Chile dan Peru jadi kandidat kuat.

Serta tak menutup kemungkinan Copa America 2021 dihelat di Amerika Serikat.

"CONMEBOL akan menganalisa tawaran dari negara lain yang tertarik menggelar turnamen ini. Kami akan memberikan perkembangan terbaru secepatnya," ujar pernyataan resmi CONMEBOL.

(mrp/aff)