Southgate Ungkap Alasan Bawa 4 Bek Kanan di Euro 2020

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 02 Jun 2021 04:00 WIB
London -

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengungkap alasan membawa empat bek kanan di Piala Eropa 2020. Hal ini tak lepas karena para pemain itu multifungsi.

Southgate, telah mengumumkan 26 nama pemain yang bakal membela Tim Tiga Singa di Piala Eropa 2020. Langkah tak biasa diambil pelatih 50 tahun ini dengan menyertakan empat bek sayap kanan yaitu Trent Alexander-Arnold, Reece James, Kyle Walker dan Kieran Trippier.

Alexander-Arnold sebelumnya sempat diprediksi bakal tak dibawa ke Euro 2020. Ini karena dalam beberapa laga terakhir Three Lions, ia sempat tak dilirik oleh Southgate. Namun, Southgate ternyata tetap memasukkan nama Alexander-Arnold.



Keputusan Southgate ini membuat skuad Inggris di Piala Eropa 2020 terasa timpang. Hal ini karena di sisi lain, Inggris hanya membawa dua bek kiri yaitu Ben Chilwell dan Luke Shaw.

Meski demikian, Southgate yakin hal tersebut takkan mengganggu keseimbangan tim. Pasalnya, James, Trippier dan Walker pemain multifungsi yang bisa bermain selain di posisi bek kanan. Southgate juga menegaskan bahwa keputusannya tersebut murni karena empat bek kanan ini tampil apik di musim ini.

"Ya, kami memiliki empat pemain yang terkadang bermain sebagai bek kanan di klub mereka," ujar Southgate dikutip dari Guardian.

"Namun, Kieran di sini bisa bermain sebagai wing-back juga bek kanan. Reece James bisa bermain sebagai bek tengah di sisi kanan dalam formasi tiga bek atau wing-back kanan.

Trent bermain di bek kanan dan Kyle Walker, seperti yang Anda tahu, bermain sebagai bek tengah di sisi kanan dalam formasi tiga bek kami. Ia juga bermain sebagai bek kiri saat pertandingan melawan Denmark. Reece James juga mampu bermain di lini tengah seperti saat laga melawan Aston Villa."

"Pada dasarnya mereka semua ada dalam skuad karena mereka adalah pesepakbola yang sangat bagus dan jika saya bisa memilih lima atau enam bek kanan, saya mungkin akan melakukannya," jelasnya.

(pur/ran)