Gara-gara Ruediger, De Bruyne Pakai Topeng ke Piala Eropa

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 03 Jun 2021 10:30 WIB
PORTO, PORTUGAL - MAY 29: Kevin De Bruyne of Manchester City walks off after suffering an injury during the UEFA Champions League Final between Manchester City and Chelsea FC at Estadio do Dragao on May 29, 2021 in Porto, Portugal. (Photo by Michael Steele/Getty Images)
Kevin de Bruyne saat cedera di final Liga Champions. (Foto: Michael Steele/Getty Images)
Brussels -

Kevin De Bruyne mengalami cedera akibat ditubruk Antonio Ruediger di final Liga Champions. Gelandang Belgia itu kini harus pakai topeng ke Piala Eropa 2020.

De Bruyne apes betul di final Liga Champions. Selain Manchester City kalah 0-1 dari Chelsea, ia juga mengalami cedera.

Di babak kedua, De Bruyne ditubruk Ruediger dalam situasi perebutan bola. Wajahnya terkena pundak bek Chelsea, yang membuatnya langsung terkapar.

De Bruyne pun ditarik keluar, dan tak bisa menyelamatkan kekalahan City. Usai laga, pemain 29 tahun itu divonis mengalami patah tulang hidung dan retak tulang orbital sisi kiri.

Cedera itu membuat keikutsertaannya di Piala Eropa jadi teka-teki. Meskipun nantinya ikut, De Bruyne pun harus mengenakan topeng pelindung wajah.

Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez, mengaku Kevin De Bruyne kemungkinan absen di laga perdana Piala Eropa 2020 melawan Rusia. Secara garis besar, Martinez yakin pemainnnya bisa tampil, meski belum tahu kapan pulih sepenuhnya.

"De Bruyne tidak mungkin fit untuk pertandingan pertama, jadi siapa pun yang menggantikannya, harus menunjukkan bahwa dia siap," kata Martinez, dilansir Daily Mail.

"Kami membuat keputusan tentang topengnya. Itu akan memakai salah satu produsen yang membuat topeng Jan Vertonghen. Kami sangat puas dengan itu. Saya akan mengatakan sampai minggu depan, kami tidak akan tahu persis di mana posisi kami bersama Kevin. Sekarang, biarkan dia bersantai dulu."

"Dia bisa tersedia untuk Euro, tetapi kami tidak tahu kapan pastinya. Masih terlalu dini untuk memberi Anda jawaban sekarang, pertama-tama kami harus mendapatkan lampu hijau dari sisi medis," ujar Roberto Martinez soal kondisi Kevin De Bruyne.

Piala Eropa 2020 akan digelar mulai 11 Juni mendatang. Belgia, yang tergabung dalam Grup B, akan menghadapi Rusia di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg.

(yna/rqi)