Coba Tengok Donny van De Beek di Piala Eropa 2020

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 04 Jun 2021 09:50 WIB
Manchester Uniteds Donny van der Beek walks on the pitch during the English FA Cup 5th round soccer match between Manchester United and West Ham United at Old Trafford in Manchester, England, Tuesday, Feb. 9, 2021. (Martin Rickett/Pool via AP)
Donny van de Beek minim kesempatan bermain di Manchester United musim lalu. (Foto: AP/Martin Rickett)
Jakarta -

Donny van de Beek melalui musim pertama yang mengecewakan di Manchester United. Piala Eropa 2020 berpeluang jadi kesempatannya untuk membuktikan.

Donny van de Beek didatangkan Manchester United dari Ajax pada musim panas tahun lalu seharga 35 juta paun, belum termasuk bonus-bonus. Meski mengeluarkan dana yang tak sedikit, tapi MU ternyata tak langsung menjadikan gelandang 24 tahun itu sebagai pemain utama.

Van de Beek tampil 36 kali sepanjang musim lalu di seluruh ajang, tapi total waktu bermainnya cuma 1.456 menit. Artinya rata-rata dia cuma beraksi 40 menit 24 detik setiap kali bermain.

Sejumlah desakan pun muncul agar pemain tim nasional Belanda itu mempertimbangkan kembali masa depannya di MU. Mantan pemain Ajax dan Barcelona, Ronald de Boer, menyebut Piala Eropa 2020 bisa menjadi ajang unjuk gigi Van de Beek.

Di turnamen itu, pemain didikan asli Ajax tersebut punya kesempatan untuk membuktikan bahwa Manchester United menyia-nyiakan kualitasnya.

"Saya masih percaya dengan anak ini, saya lumayan tahu dia, saya melatihnya di usia belia. Dia sosok yang menarik, dia anak yang tenang, tahu apa yang dia inginkan. Bahkan di Piala Eropa nanti, mungkin Donny van de Beek yang sesungguhnya akan terlihat," ungkap Ronald de Boer kepada Sky Sports dikutip Manchester Evening News.

"Saya selalu menggunakan contoh (Mauricio) Pellegrino d Barcelona, mantan rekan setim saya. Dia tak bermain baik di tim kami dan semua orang kala itu berpikir dia bek yang buruk. Lalu dia gabung Valencia dan memainkan dua final Liga Champions."

"Terkadang memang ada yang tidak cocok saja, tapi terkadang tempat lainnya cocok dengan Anda. Saya rasa dia perlu menemukannya sendiri dan membuat pilihan tepat, tapi saya percaya diri kita akan melihat Donny van de Beek yang sesungguhnya segera," imbuhnya.

(raw/rin)