Ini Peran Baru Van Dijk di Timnas Belanda Selama Piala Eropa 2020

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 07 Jun 2021 02:00 WIB
BELFAST, NORTHERN IRELAND - NOVEMBER 16: Virgil van Dijk of Netherlands celebrates at the end of the UEFA Euro 2020 qualifier between Northern Ireland  and The Netherlands at Windsor Park on November 16, 2019 in Belfast, Northern Ireland. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Van Dijk mendapat peran baru di Timnas Belanda selama Euro 2020. Foto: Getty Images/Mike Hewitt
Jakarta -

Virgil van Dijk tak benar-benar absen di Piala Eropa 2020. Timnas Belanda memberi peran baru untuk bek 29 tahun itu selama turnamen.

Musim 2020/21 tak berjalan mulus bagi van Dijk. Baru lima kali bermain di Liga Inggris, ia sudah harus menepi sampai akhir musim karena cedera anterior cruciate ligament (ACL) yang diderita dalam laga Everton vs Liverpool pada Oktober lalu.

Cedera itu juga memupus impian van Dijk tampil di Piala Eropa 2020. Ia belum pulih benar sampai saat ini. Padahal, ia menyandang status sebagai kapten Belanda.

Meski tak bisa mendaftarkan van Dijk ke turnamen, namun Pelatih Belanda Frank de Boer tak lantas meninggalkan anak asuhnya itu. Tak hanya dibolehkan ikut berlatih bersama rekan setimnya, de Boer juga memberinya jabatan sebagai non-official staff, seperti diberitakan harian Mirror.

Kabarnya, kehadiran van Dijk memberi pengaruh positif untuk skuad Belanda. Ia juga hadir menonton pertandingan Belanda saat melakukan uji coba melawan Skotlandia pada 2 Juni lalu.

Virgil Van DijkVirgil Van Dijk saat menonton Belanda vs Skotlandia. Foto: Broer van den Boom/BSR Agency/Getty Images

"Virgil sangat penting bagi skuad ini, dan merupakan pemberi motivasi yang luar biasa, yang selalu penting bagi para pemain selama beberapa tahun terakhir. Tim ini menyukai kehadirannya," kata de Boer.

Virgil van Dijk sudah menjadi kapten Timnas Belanda sejak 2018 lalu setelah ditunjuk pelatih saat itu, Ronald Koeman. Ia sudah 38 kali membela tim Oranje sejak pertama kali dipanggil tahun 2015 dan sudah mencetak 4 gol, namun belum pernah tampil di turnamen besar.

(adp/nds)