Argentina Bantah Kabar Bakal Mundur dari Copa America 2021

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 07 Jun 2021 15:45 WIB
PORTO ALEGRE, BRAZIL - JUNE 23: Lautaro Martinez of Argentina celebrates with teammates after scoring the opening goal during the Copa America Brazil 2019 group B match between Qatar and Argentina at Arena do Gremio on June 23, 2019 in Porto Alegre, Brazil. (Photo by Pedro Vilela/Getty Images)
Timnas Argentina pastikan bakal tetap mengikuti Copa America 2021 (Foto: Pedro Vilela/Getty Images)
Buenos Aires -

Argentina memastikan bakal tetap tampil di Copa America 2021. Hal ini sekaligus membantah kabar bahwa pasukan Lionel Scaloni bakal mundur dari ajang ini.

Argentina awalnya ditunjuk sebagai tuan rumah Copa America 2021 bersama Kolumbia. Namun, kedua negara ini batal menghelat ajang antar negara Amerika Selatan ini dengan alasan berbeda.

Kolumbia dicabut status tuan rumahnya oleh Asosiasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) karena krisis politik. Sementara, Argentina memilih mengundurkan diri sebagai tuan rumah akibat meningkatnya kasus COVID-19 di negara mereka.

CONMEBOL kemudian memutuskan untuk memindahkan penyelenggaraan ajang ini ke Brasil. Dipilihnya Brasil sebagai taun rumah menimbulkan kontroversi.

Hal ini karena Brasil juga masih kesulitan menangani pandemi COVID-19. Gosip muncul bahwa Argentina bakal menarik diri dari ajang ini karena situasi pandemi COVID-19 di Brasil lebih mengerikan dari negara mereka.

Dikutip dari France 24, terdapat 17 juta warga Brasil yang terinsfeksi COVID-19 dengan angka kematian mencapai 470.000 jiwa. Jumlah ini lebih besar dari Argentina yang dengan kasus positif mencapai4 juta kasus dengan 80.000 meninggal dunia.

Namun, gosip tersebut langsung diluruskan oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA). Mereka menegaskan bahwa Tim Tango bakal tetap berpartisipasi di Copa America 2021.



"Argentina mengonfirmasi partisipasi mereka di Copa America 2021. Ini mencerminkan semangat olahraga yang dimiliki tim ini sepanjang sejarah mereka," bunyi pernyataan AFA.

"Dengan upaya besar dari AFA, kami akan menyiapkan semua alat yang diperlukan untuk dapat menjamin kesehatan secara khusus yang dibutuhkan di masa sulit yang kami alami ini. Tim nasional akan melakukan perjalanan ke Brasil untuk bermain di turnamen kontinental," lanjut pernyataan tersebut.

Argentina pada Copa America 2020 tergabung di Grup A bersama Bolivia, Uruguay, Chile dan Paraguay. Pada laga perdana, Lionel Messi dkk bakal berhadapan dengan Chile pada 14 Juni mendatang.



Simak Video "Chelsea Ngebet Gaet Lukaku, Rayu dengan Gaji Bombastis"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)