Piala Eropa 2020: Bek Brighton Gantikan Trent di Timnas Inggris

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 07 Jun 2021 17:20 WIB
MIDDLESBROUGH, ENGLAND - JUNE 06: Ben White of England reacts during the international friendly match between England and Romania at Riverside Stadium on June 06, 2021 in Middlesbrough, England. (Photo by Lee Smith - Pool/Getty Images)
Ben White gantikan Trent Alexander-Arnold di timnas Inggris (Getty Images/Pool)
London -

Timnas Inggris sudah menunjuk pengganti Trent Alexander-Arnold untuk Piala Eropa 2020. Dia adalah bek Brighton & Holve Albion Ben White.

Trent masuk dalam salah satu pemain yang dibawa manajer Gareth Southgate ke Euro 2020. Tapi, bencana datang ketika Trent mengalami cedera dalam laga persahabatan kontra Austria hari Rabu lalu.

Cedera paha Trent tergolong parah dan mengharuskannya istirahat 4-6 pekan. Itu artinya Trent harus melewatkan Piala Eropa 2020 dan membuat Inggris kehilangan salah satu bek kanan terbaiknya.

Lalu, Inggris punya kesempatan untuk membawa satu pemain menggantikan Trent. Dari beberapa nama yang muncul ke publik seperti Jesse Lingard atau James Ward-Prowse, Inggris malah memilih Ben White.

Ya, White adalah salah satu nama yang masuk skuat provisional Inggris dan akhirnya kena coret saat pengumuman final awal pekan ini. Tapi, bek Brighton itu dianggap berguna untuk Inggris karena pemain multifungsi.

Selain bisa bermain di posisi bek tengah dan bek kiri, White juga kadang beroperasi sebagai gelandang bertahan. Dengan kondisi Harry Maguire yang masih belum fit 100 persen, hadirnya White lebih dibutuhkan ketimbang Ward-Prowse atau Lingard.

White baru memainkan laga debutnya saat jadi pemain pengganti kontra Austria. Dia kemudian jadi starter semalam kala Inggris mengalahkan Rumania 1-0.

Ben White yang berusia 23 tahun tampil gemilang di Brighton musim ini dan jadi incaran banyak klub besar Eropa. Dia pemain paling banyak tampil untuk Brighton musim lalu.

Dia juga mahir dalam memainkan bola dengan kakinya serta bisa melepaskan umpan-umpan dari belakang ke depan. Dia membuat 78 tekel plus intersep, 113 kali menekan lawan, dan 264 kali merebut bola.

(mrp/pur)