Olimpico Ramai, Italia dengan Mudah Membantai

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 12 Jun 2021 06:00 WIB
Italy players celebrate after Italys Ciro Immobile scored his sides second goal during the Euro 2020 soccer championship group A match between Turkey and Italy at the Rome Olympic stadium, Friday, June 11, 2021. (AP Photo/Andrew Medichini, Pool)
Olimpico yang ramai membuat Timnas Italia membantai Turki (AP/Andrew Medichini)
Roma -

Pelatih Italia Roberto Mancini puas dengan kemenangan mantap timnya atas Turki. Keberadaan fans di stadion jadi penyemangat Gli Azzurri.

Italia menghadapi Turki di matchday pertama Grup A Piala Eropa 2020 yang dihelat di Stadio Olimpico, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. Italia menurunkan skuat terbaiknya minus Marco Verratti yang masih cedera.

Meski demikian, Italia masih terlalu tangguh untuk Turki yang bermain bertahan sedari menit awal. Mengandakan Domenico Berardi, Lorenzo Insigne, dan Ciro Immobile di depan, Italia terus menekan pertahanan Turki.

Tapi, sepanjang babak pertama, Italia dibuat frustrasi karena beberapa kali peluang yang dibuat gagal berbuah gol. Padahal mereka mampu membuat 13 attempts, tapi cuma tiga yang on goal. Turki bahkan tidak membuat attempts sama sekali.

Barulah di babak kedua, kesabaran Italia berbuah hasil saat Merih Demiral menghalau bola crossing Berardi dari sisi kanan dan malah masuk ke gawangnya sendiri.

Itu adalah hasil kerjasama apik Berardi dan Barella dalam membuat celah di pertahanan Turki. Setelah itu, Italia mampu mencetak gol kedua di menit ke-66 lewat sontekan Ciro Immobile memaksimalkan bola rebound tembakan Leonardo Spinazzola.

Turki akhirnya tak berkutik saat blunder kipernya membuat Lorenzo Insigne mudah saja menciptakan gol ketiga di menit ke-79. Italia menang 3-0 dan ini jadi kali pertama mereka melakukannya di Piala Eropa.

Start manis ini memang diinginkan Mancini untuk modal Italia bisa melaju jauh di turnamen. Tapi, Mancini tidak kaget ketika Turki mampu membuat mereka kerepotan sepanjang babak pertama.

Stadion yang dipadati penonton jadi kunci kemenangan Italia. ESPN melansir ada total 16 ribu penonton yang hadir, termasuk ada suporter Turki.

"Kami bermain baik. Karena ini adalah laga pertama, segalanya memang tidak mudah dan kami menghadapi tim bagus. Penonton membantu kami sekali dan itu sangat krusial untuk kami bisa bermain cepat," ujar Mancini di situs resmi UEFA.

Italia sudah ditunggu Swiss pada pertandingan kedua di tempat yang sama, Kamis (17/6) dini hari WIB. Tengok hingar bingar Piala Eropa 2020 di sini.

(mrp/ran)